Antisipasi Banjir Masyarakat Seuneudon Bersihkan Saluran

151

LHOKSUKON (Garudanews.id) – Musim penghujan telah dekat  Sejumlah langkah dilakukan baik oleh pemerintah kecamatan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pembersihan saluran air di sepanjang jalan Cot Kafiraton Kecamatan Seunuddon Aceh Utara Senin (14/9/2020).

Pembersihan saluran air bertujuan untuk melancarkan saluran air yang tersumbat agar ketika curah hujan tinggi saluran air dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

Menurut Mukim Zulkarnen kegiatan ini merupakan salah satu peran aktif dalam mengatasi masalah lingkungan.

Menurutnya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan mengingat seringnya terjadi genangan air hujan melanda daerah sawah tersebut.

Ini merupakan langkah yang baik dalam mencegah dan menanggulangi banjir di lingkungan Ibukota kecamatan.

“Kami selaku Mukim  merasa senang dapat terlibat langsung dalam kegiatan yang baik ini,” kata Zulkarnain.

Mukim Zulkarnen menambahkan setelah kegiatan ini selesai diharapkan masyarakat sekitar dapat tetap menjaga kebersihan saluran air dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang jerami dan sampah rumah tangga ke saluran air.

Menurutnya, permasalahan banjir merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah dan aparat tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat sekitar.

“Keterlibatan aktif dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal merupakan hal penting dalam upaya mencegah terjadinya bencana banjir di lingkungan masyarakat,” imbaunya. (Syshrul)

Anda mungkin juga berminat