Kang Dedi Mulyadi Salurkan Alsintan Bagi Petani di Karangbahagia

129

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) ke embung air di Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Selasa (29/9).

Dalam kesempatan tersebut, Dedi Mulyadi menyerahkan bantuan traktor roda empat, roda dua dan pompa air yang merupakan kegiatan APBN Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun 2020 kepada para kelompok tani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Karangbahagia Karnadi, Kepala Desa Karangmukti Sumardi, Kepala Desa Karangsatu Sarim, anggota BPD, serta para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ibu-ibu PKK.

“Bantuan ini untuk meningkatkan hasil pertanian para kelompok tani. Tahun depan semoga bantuan bisa lebih ditingkatkan lagi. Kami sedang mengajukan agar se-kabupaten bisa mendapatkan mesin penggilingan,” ungkap Politisi Partai Golkar ini.

Kang Dedi mengaku pada bulan November akan melakukan penataan agar Kecamatan Karangbahagia, khususnya di Desa Karangmukti bisa menjadi lokasi wisata berbasis pertanian.

“Nanti akan dibahas seperti apa landscape dan konsepnya. Saya mau dibuat saung besar. Lingkungan akan ditata dengan konsep arsitektur sesuai budaya setempat. Karena disini ada situs budaya yang masih tersisa,” terangnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Sarim Saefudin, berharap agar situs di embung batu beureum ini bisa menjadi ikon budaya di wilayah Kabupaten Bekasi. Dirinya pun meminta dukungan dari Camat dan Kepala Desa setempat.

“Semoga dengan adanya embung ini bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berdagang. Saya juga berharap agar para pedagang bisa mendapatkan bantuan modal agar tidak terjerat dengan bank emok,” tegas Legislator dari Dapil VI ini.

Di tempat yang sama, Camat Karangbahagia, Karnadi berkomitmen agar lahan pertanian di Desa Karangmukti dan Karangsatu tidak beralih fungsi. Dirinya pun setuju agar embung dilakukan penataan agar menjadi lokasi wisata pertanian.

Karnadi mengapresiasi bantuan alsintan yang merupakan aspirasi dari Kang Dedi Mulyadi, supaya kesejahteraan para petani khususnya di wilayah Desa Karangmukti dan Karangsatu bisa lebih meningkat.

“Dengan adanya wisata pertanian berupa embung di wilayah Desa Karangmukti ini, masyarakat jadi tidak banyak keluar kota, karena ada wisata di daerah sendiri,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangmukti, Sumardi, mengucapkan terimakasih atas bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian ini, karena dapat meningkatkan hasil pertanian dari para kelompok tani.

Sumardi mengaku jika para petani di Desa Karangmukti masih terkendala dengan kurangnya persediaan pupuk subsidi, serta irigasi sekunder dan tersier untuk mengairi sawah para petani.

“Saya setuju jika pertanian di Desa Karangmukti bisa menjadi lahan badai dan tidak beralih fungsi. Karena masyarakat mayoritas berprofesi sebagai petani dan menggantungkan penghasilan dari bertani,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat