Kualitas Bangunan Toilet Sekolah Rendah, Kepsek Siap Bongkar Ulang

109

PRINGSEWU – (Garudanews.id) – Setelah ramai diberitakan, pembangunan toilet di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Wates Timur Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebesar Rp 95.000.000, akhirnya dibongkar.

Kepala sekolah SDN 04 Wates Timur, Meliati S.Pd ketika dikonfirmasi via WhatsAppnya, baru-baru ini mengatakan bahwa pembongkaran bangunan baru tersebut dilakukan karena adanya kesalahan dalam kualitas bahan bangunan.

Meliati menggakui bahwa pihaknya akan segera memperbaiki dan membongkar kembali bangunan tersebut karena selaku pengguna anggaran ia tidak mengetahui kayu seperti apa yang sesuai petunjuk teknis.

“Jika bener ada ada kesalahan, saya akui salah, saya tidak mengetahui jenis kayu seperti apa yang sesuai dengan juknis, saya hanya percayakan kepada tukang yang bekerja untuk membelanjakan semua material,” ucapnya.

Dalam kasus tersebut tampak keanehan jika pihak sekolah tersebut tidak paham.  Sementara berdasarkan lampiran II Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Sub Bidang Pendidikan Sekolah Dasar menjelaskan pemahaman Tentang Bahan Bangunan, Pemahaman tentang bahan bangunan meliputi bagaimana melihat dan mengetahui kualitas dan manfaat bahan bangunan.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 04 Wates Timur ini juga diduga melarang pihak awak media untuk meminta konfirmasi atau keterangan lebih lanjut  kepada pihak komite sekolah yang ditunjuk kepala sekolah untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut. (DOd)

Anda mungkin juga berminat