Pelaku Penipuan Di Kota Bekasi Diringkus Korbannya

336

BEKASI, (Garudanews.id) – Seorang Pria ditangkap warga dan korbannya setelah diduga melakukan penipuan kepada salah seorang wanita. Dengan iming-iming dapat mempekerjakan korban di salah satu perusahaan, pelaku berhasil menggasak uang korban senilai 3 juta rupiah yang terjadi di Kp. Ciketing, kelurahan Ciketing Udik kecamatan Bantargebang pada 27 Juli lalu.

“Awal mula pelaku menawarkan lowongan pekerjaan melalui akun facebook temannya yang nama akun Devi Wulandari dengan mencantumkan nomor telepon. Setelah ada postingan informasi lowongan kerja tersebut, Selanjutnya korban menghubungi pelaku dan kemudian janjian untuk bertemu,” ujar Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol. Erna Ruswing Andari pada Selasa (22/09).

Pelaku berinisial PDT (21) berhasil mengelabui korban agar menyerahkan uang sebesar 4 juta rupiah. Namun setelah melakukan negoisasi akhirnya korban memberikan uang sebesar 3 juta rupiah kepada pelaku.

Korban dijanjikan akan segera bekerja setelah 1 bulan sejak menyerahkan uang dan surat lamaran kepada pelaku. Namun, 1 bulan berlalu namun korban tak kunjung bekerja dan akhirnya meminta uangnya kembali kepada pelaku. Korban memberikan uang sebesar 3 juta kepada pelaku dengan 2 tahap, tahap pertama 2 juta rupiah dan yang kedua 1 juta rupiah.

“Dan ketika diminta untuk mengembalikan uang yang diterima, pelaku hanya janji-janji terus hingga sekarang. Selanjutnya disaat korban bertemu dengan pelaku, pelaku langsung diamankan oleh korban yang dibantu oleh Ketua Rt dan kemudian diamankan ke Polsek Bantargebang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambah Erna.

Setelah dilakukan interogasi, ternyata pelaku sudah melancarkan aksinya pada beberapa korban. Setidaknya ada 3 korban penipuan oleh tersangka sebelum ditangkap warga dan korban. Kerugian mencapai 10 juta rupiah dari pada korban.

Saat ini pelaku terus diperiksa oleh polisi untuk mengembangkan kasus tersebut dengan kemungkinan korban lainnya. Polisi juga menyita barang bukti berupa kwitansi pemberian uang kepada pelaku dari para korban. Pelaku juga terancam pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Mam)

Anda mungkin juga berminat