Pengadilan Saudi Penjarakan 5 Pembunuh Jurnalis Jamal Khashoggi

117

JEDDAH (Garudanews.id) – Persidangan pembunuhan jurnalis Arab SaudiJamal Khashoggi masih memasuki babak baru. Pengadilan Arab Saudi memenjarakan delapan terdakwa yang terlibat dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Delapan terdakwa akan menjalani hukuman penjara beragam mulai dari 7 tahun hingga 20 tahun penjara. Hukuman penjara dilakukan pada Senin (7/9/2020) setelah Pengadilan Arab Saudi menggelar persidangan.

Namun pejabat PBB dan sejumlah aktivis hak asasi manusia menyayangkan vonis yang dijatuhkan pengadilan. Mereka menilai, delapan terdakwa itu bukan pelaku utama dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

Senada dengan itu, tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, mengatakan delapan terdakwa itu bukan satu-satunya yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Ia menuding Saudi menutupi dalang dibalik pembunuhan Khashoggi.

“Pihak berwenang Saudi menutup kasus ini tanpa dunia mengetahui kebenaran siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal,” tulis Hatice Cengiz dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

“Siapa yang merencanakannya, siapa yang memerintahkannya, di mana tubuhnya?” lanjut dia.

Melansir laman kumparan.com, Khashoggi selama ini dikenal sebagai jurnalis pengkritik Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS). Ia dibunuh saat datang ke Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018 saat akan mengurus surat pernikahannya.

Namun dia tidak pernah keluar lagi dari bangunan tersebut. Mayat Khashoggi dimutilasi lalu dimusnahkan. Hingga saat ini, tidak diketahui di mana mayat Khashoggi dimusnahkan.

Kasus itu memicu perhatian dunia, terutama terhadap MbS yang disebut dalang pembunuhan. CIA meyakini MbS terlibat, namun pihak kerajaan Saudi membantahnya. (Yan)

 

Anda mungkin juga berminat