Polrestro Bekasi Kabupaten Gelar Operasi Yustisi

Beri Efek Jera Pada Pelanggar Protokol Covid

460

KAB. BEKASI, (Garudanews.id) – Polres Metro Bekasi  Kabupaten berpartisipasi dalam penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayahnya. Bersama dengan jajaran pemerintah Kabupaten Bekasi, Polres menggelar operasi yustisi di beberapa titik di wilayah hukum Polrestro Bekasi pada Senin (14/09/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolrestro Bekasi Kabupaten Kombes Pol. Hendra Gunawan saat melakukan tinjauan di PT. Tatalogam Group, di kawasan industri Cikarang. Ia menuturkan bahwa operasi yustisi yang digelar merupakan tindakan tegas bagi pelanggar protokol kesehatan untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan.

“Selama ini kita hanya himbauan bahkan yang tidak pakai masker kita berikan masker namun setelah kita berikan ada juga yang tidak memakainya nah ini kita berikan efek jera berupa sanksi adapun saksinya ada dua, yaitu sanksi administrasi dan sanksi sosial,” kata Kapolres.

Sanksi administrasi berupa denda uang atau sanksi sosial berupa membersihkan jalan atau sanksi yang dapat mengingatkan bahwa mereka melakukan kesalahan. Dikatakan Kapolres bahwa protokol Covid-19 sangat urgen untuk dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19.

“Tapi kita tawarkan sanksi yang mereka mampu, kita tidak ingin juga menyulitkan masyarakat, yang penting sanksinya ini yang dapat memberikan mereka efek jera,” tambah Kapolres.

Beberapa titik yang menjadi target operasi yustisi yaitu SGC, Stasiun Cikarang, Terminal Kalijaya dan Pasar Induk Cibitung. Denda maksimal 250 ribu menunggu warga masyarakat yang kedapatan melanggar protokol Covid-19.

“Tapi tidak kita terapkan denda maksimal itu, semampunya mereka saja, tadi ada yang bayar 10 ribu 20 ribu, yang jelas kita tidak akan membebani mereka dengan sanksi maksimal itu, yang penting efeknya untuk menyadarkan masyarakat bahwa hal ini urgen dilalukan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, provinsi DKI Jakarta hari ini juga melakukan hal yang sama. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total dilakukan kembali karena angka penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta masih tinggi. Sementara itu, Kota Bekasi yang berbatasan langsung dengan DKI belum menerapkan hal serupa. Namun, langkah Kabupaten Bekasi dengan menggelar operasi Yustisi merupakan langkah cerdas untuk menindak tegas para pelanggar. (Mam)

Anda mungkin juga berminat