Wiku: Angka Kesembuhan di 99 Daerah Kurang dari 50 Persen

109

JAKARTA (Garudanews.id) – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, sebanyak 19,3 persen atau 99 kabupaten/kota memiliki persentase kesembuhan kurang dari 50 persen. Pemerintah pusat pun terus mendorong pemerintah daerah untuk terus meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di daerahnya serta meningkatkan layanan kesehatannya.

“Namun, masih ada 19,3 persen atau sebanyak 99 kabupaten/kota yang memiliki persentase kesembuhan kurang dari 50 persen. Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah masing-masing,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Wiku meminta pemimpin daerah di wilayah yang angka kesembuhannya masih di bawah 50 persen agar segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid untuk membantu menangani pasien covid dan meningkatkan angka kesembuhannya.

Sementara itu, 77,6 persen atau 399 kabupaten/kota di Indonesia memiliki persentase kesembuhan 50-100 persen. Wiku pun meminta agar daerah-daerah tersebut mempertahankan dan terus meningkatkan angka kesembuhannya. Ia optimistis, jika penanganan kasus dilakukan sejak dini dan dengan baik, maka potensi kesembuhan pasien covid sangat besar.

“Ini adalah hal baik yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar kesembuhannya bisa mencapai 100 persen. Apabila penanganan kasusnya baik dan dini, maka potensi untuk mendapatkan kesembuhan 100 persen potensinya sangat besar,” ucapnya, dilansir dari republika.

Ia menyebutkan daerah yang memiliki persentase kesembuhan tertinggi yakni Maluku Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur. Sedangkan daerah yang mengalami kenaikan kesembuhan tertinggi yakni Jawa Barat, Riau, Banten, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. (qq)

Anda mungkin juga berminat