Manfaatkan Lahan Kosong, Koramil 15/Matangkuli Dampingi Warga Bercocok Tanam

351

Lhoksukon, (Garudanews.id) – Tugas TNI di samping sebagai alat pertahanan negara juga mendukung program ketahanan pangan. Babinsa Koramil 15/Matangkuli, Kodim 0103/Aceh Utara Kopda Musliadi melaksanakan kegiatan produktif pertanian berupa budidaya tanam cabai di Desa Binaan Desa Rayeuk Matangkuli, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara pada Senin (05/10).

Budidaya menanam cabai di lahan kosong seluas setengah hektar itu dilakukan Kopda Musliadi dan Masyarakat desa binaan untuk mengantisipasi kelangkaan pangan ditengah pandemi covid-19 saat ini.

“Sesuai instruksi pimpinan, kami mengajak masyarakat di Desa Binaan untuk memanfaatkan lahan kosong agar ditanami cabai atau sayuran lainnya. Ini juga kami lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan ketersediaan pangan ditengah pandemi covid-19 saat ini,” kata dia, Senin (05/10).

Ditempat terpisah Danramil 15/Mtk, Kapten Inf Amansur berharap, dengan adanya pendampingan itu bisa membantu kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh petani.

“Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan salah satu wujud TNI AD dalam mensukseskan swasembada pangan, dan ini akan terus dilakukan di wilayah Koramil 15/Mtk,”kata Danramil.

Selain mendukung program pemerintah terkait dengan ketahanan pangan, kegiatan semacam itu juga dapat menumbuhkan rasa soliditas antara masyarakat dengan unsur TNI.

“Apabila ada kedekatan antara Babinsa dan petani, maka petani tidak akan sungkan meminta bantuan ke Koramil melalui Babinsa, Sehingga hubungan masyarakat dengan TNI tetap selalu terjaga dan kuat,”kata dia.

Pemanfaatan lahan kosong itu juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli cabai atau sayur mayur.

Diberbagai daerah, program bercocok tanam dilakukan selain di lahan yang kosong, masyarakat didampingi TNI juga memanfaatkan lahan yang minim seperti di wilayah perkotaan yang notabene minim lahan kosong untuk bertani.

Hal tersebut untuk mengurangi dampak ekonomi yang dirasakan sejak wabah covid-19 merajalela di Nusantara, yang menurunkan pendapatan ekonomi masyarakat. Peran TNI menjaga ketahanan pangan kepada masyarakat dirasakan membantu hampir di semua wilayah di Indonesia. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat