Pendamping PKH Desa Karangsetia Salurkan Bantuan Beras kepada 291 KPM

145

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Karangsetia, Kecamatan Karangbahagia, menyalurkan bantuan beras kepada 291 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak pandemi covid 19 (corona), Kamis (22/10).

Bantuan ini merupakan tambahan karena adanya pandemi covid 19,  dimana sebelumnya bantuan yang diberikan berupa uang tunai yang langsung masuk ke rekening masing-masing penerima manfaat.

“Untuk data KPM ini langsung dari sistem aplikasi e-PKH. Nama-namanya sudah ada disitu. Jadi bukan pengajuan dari desa, tapi dari Kemensos,” ungkap Pendamping PKH Desa  Karangsetia, Nina Herlina kepada para awak media.

Nina menjelaskan, untuk nominal bantuan tunai PKH nilainya bervariasi tergantung kategori atau komponen seperti jumlah anak sekolah dalam satu keluarga, ibu hamil dan balita.

Kategori dari penerima manfaat PKH diantaranya keluarga tidak mampu, terdata di Pusdatin dan pendamping PKH. “Kami juga melakukan home visit (survey) ke rumah KPM, untuk memastikan bahwa penerima manfaat benar-benar tidak mampu, setelah itu baru kita ajukan,” terangnya.

Bantuan beras dari PKH ini dilakukan serentak di delapan desa di wilayah Kecamatan Karangbahagia. Hanya saja jadwalnya penyalurannya bisa dilakukan siang atau malam.

“Kami berharap kedepan warga Desa Karangsetia tidak terus bergantung kepada bantuan sosial, tetapi nantinya mereka bisa mandiri, enggak terus menerus bergantung,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karangsetia, Saidi Asgar mengatakan, data jumlah penerima manfaat ini langsung dari pendamping PKH yang turun langsung ke rumah-rumah warga yang mendapatkan bantuan.

“Kami berharap bantuan PKH ini bisa membantu dan meringankan beban warga yang terdampak pandemi covid 19. Bantuan juga bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran kepada warga yang membutuhkan,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat