PM Suga Harapkan Kerja Sama Indonesia Terkait Penculikan Warga Jepang

105

JAKARTA (Garudanews.id) – Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengharapkan kerja sama Indonesia agar isu penculikan warga Jepang oleh Korea Utara pada tahun 1970-an dan 1980-an dapat diselesaikan.

Hal itu disampaikan PM Suga dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo setelah keduanya memimpin pertemuan bilateral delegasi kedua negara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

“Saya meminta kerjasama Indonesia agar isu penculikan warga Jepang oleh Korea Utara dapat segera diselesaikan,” ujar PM Suga di Bogor, Selasa, sebagaimana disaksikan secara virtual.

Pernyataan PM Suga disampaikan dalam bahasa Jepang dan diterjemahkan oleh seorang penerjemah.

PM Suga mengatakan Jepang dan Indonesia bersepakat akan bekerja sama secara erat berhubungan dengan isu-isu regional termasuk Korea Utara dan Laut Tiongkok Selatan.

Adapun dengan mempertimbangkan perubahan situasi di kawasan dalam rangka mengkonkretkan kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan kedua negara, dia mengatakan kedua negara juga sepakat mengadakan pertemuan two plus two dalam waktu tidak lama dan mempercepat pembahasan menuju pengalihan peralatan dan teknologi pertahanan serta mendorong pengembangan SDM termasuk bidang penegakan hukum di laut.

Jepang juga akan bekerja sama dan bergandengan tangan dengan Indonesia bagi perdamaian dan kesejahteraan kawasan berlandaskan kemitraan strategis kedua negara yang diperkokoh melalui kunjungan PM Suga ke Indonesia hari ini, dikutip dari antara.(qq)

Anda mungkin juga berminat