Pleseran, Telaga Asmara Di Kecamatan Tawangmangu

141

Kabupaten Karanganyar (Garudanews.id) – Siapa yang tak tahu Tawangmangu, salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang melimpah. Wisata alam baik alami maupun buatan nya selalu memikat daya tarik wisatawan. Udaranya yang sejuk, warganya yang ramah, dan kesan tradisional nya menambah ciri khas dan daya tarik tersendiri. Salah satu spot wisata yang bisa direkomendasikan bagi anda yang mengunjungi Tawangmangu adalah Pleseran.

Pleseran terletak di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tak perlu mahal-mahal, biaya tiket masuk nya hanyalah Rp. 5.000 per orang. Bahkan, dari pihak pengelola membebaskan biaya bagi warga asli Tawangmangu. Awalnya, Pleseran adalah sebuah kolam renang alami yang airnya berasal dari mata air alami. Kolam renang ini dinamakan Telogo Asmoro atau dalam bahasa Indonesia adalah Telaga Asmara. Air nya sangat jernih dan terasa sangat segar. Lokasi nya yang dikelilingi hutan menambah sensasi tersendiri ketika anda berenang disana. Saat ini, Pleseran telah dikelola oleh perhutani dan mengalami banyak perubahan.

Sisi lain dari Lokasi Wisata Pleseran, Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu.foto : Yosi

Setelah mengalami perubahan, fasilitas di Pleseran tak kalah menarik dengan wisata yang lain. Terdapat flying fox, spot foto, kantin, dan wisata alam lainnya. Nah, bagi anda yang ingin berkemah, Pleseran juga menjadi tempat yang sangat direkomendasikan. Jangan khawatir apabila anda tidak memiliki tenda, karena disini pun menyediakan penyewaan tenda dengan harga mulai dari Rp. 50.000 per malam.

“Pleseran ini mulai buka sekitar 5 tahun lalu yang dikelola oleh perhutani. Awalnya memang cuma mata air itu, sekarang bisa dijadikan Buper. Bahkan setiap hari selalu ada yang nge-camp disini,” ujar Nces selaku penjaga loket di Pleseran.

“Kemarin sebenarnya sempat tutup selama 2 bulan karna Corona, lalu mulai buka lagi setelah lebaran. Pengunjung nya juga sudah mulai ramai,” ungkap Ferdi selaku pengelola dari Pleseran.

Lokasi Pleseran  kurang lebih 3 Kilometer dari Terminal Tawangmangu. Lokasinya melewati Desa Nglurah, pusat belanja Tanaman Hias di Tawangmangu. Jadi selain berwisata, wisatawan bisa langsung berbelanja tanaman hias disana. (Yos/Cj)

Anda mungkin juga berminat