Belum Juga Ditempati, Kondisi Interior Rusunami Pringsewu Memprihatinkan

150

Pringsewu (Garudanews.id) – Rumah susun sederhana milik (Rusunami) yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Pringsewu, kini kondisinya terbengkalai dan banyak mengalami kerusakan, karena tak ada perawatan.

Gedung bertingkat 5 lantai,124 kamar yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) empat tahun lalu itu, sudah mengalami kerusakan di bagian plafon bahkan instalasi air bersih juga macet tidak mengalir.

Pantauan garudanews, di lokasi gedung tersebut belum ada akses jalan, dan kini sekeling halaman bak seperti hutan karena banyak di tumbuh rumput liar balakacida.

Menurut keterangan Sabrijal penjaga rumah susun tersebut, mengatakan semua ruangan yang ada di gedung itu sudah ada pemiliknya yakni ASN yang bekerja di Pemkab Pringsewu.

“Namun karena gedung banyak mengalami kerusak seperti plafon dan instalasi air, jadi pemilik masih menunggu perapihan dari pemerintah pusat.” terang Sabrizal kepada Ben dari kantor berita garudanews, Sabtu ( 28/11)

Sementara kepala Badan perencanaan, pembangunan daerah (Bappeda) Ahmad Fadholi, saat di hubungi via sambungan telpon, terkait dengan kondisi bangunan Rusunami, mengakui bahwa bangunan tersebut belum ada serah terima dari pemerintah provinsi, karena yang membangun dari balai besar Provinsi Lampung.

“Itu masih kewenangan balai besar Provinsi Lampung, tapi kita sudah menyurati untuk di perbaiki, kalau sudah di perbaiki baru mau di serah terimakan” kata Ahmad Fadholi

Fadholi menegaskan, bahwa Pemkab Pringsewu belum bisa menganggarkan perawatan Rusun tersebut, karena belum ada serah terimakan dan perbaikan dari pihak balai besar provinsi

Saat ditanya soal status tanah, Fadholi menjelaskan kalau tanah bangunan Rusun tersebut hibah dari warga empat pekon yang kegunaanya untuk lokasi perkantoran, pusat pemerintahan Pringsewu.

“Berbicara pusat pemerintahan, itu luas. Makanya setelah tanah itu dihibahkan kita melakukan desain , untuk kantor Bupati, kantor Polres termasuk perumahan pegawai,” imbuh Fadholi. (Ben)

Anda mungkin juga berminat