BUMDes Desa Nanggung Daur Ulang Sampah Bernilai Ekonomis

100

KAB.BOGOR (Garudanews.id) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) gerakan membangun ekonomi masyarakat (Gerbang Emas) Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah sehingga bernilai ekonomis. Langkah itu juga menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekutar.

BUMDes tersebut juga memiliki bank sampah melalui tabungan dari masyarakat dalam bentuk sampah atau rongsokan.

Kades Nanggung Ahmad Sodik memgatakan, sebelumnya masyakatan mendapat pengetahuan dasar terlebih dahulu tentang jenis jenis sampah yang bisa ditabung.

“Kami mengucapaka selamat dari Danramil Nanggung mewakili muspika Nanggung atas suksesnya lonching Bumdes desa Nanggung Gerbang Emas. Diharapkan kedepan program ini eksis dalam bidang usahanya,” ucap Kades, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya Program kampung ramah lingkungan (KRL) dinisiasi oleh dinas lingkungan hidup (DLH) Pemkab Bogor. Seperti dalam  mencontohkan masyarakat. Hal itu sebagai cikal bakal penggerakanya untuk mengolah sampah di kampung Nangela yang menjadi pusat utama induk bank sampah yang tidak begitu jauh dari kantor desa.

Dia 0un berharap agar kedepan program BUMDes melalui bank sampah membuat pos-pos bank sampah di masing masing RT sebagai tempat pengambilan sampah setiap minggunya melalui pendekatan inovasi dan kreativitas yang dilakukan di desa.

“Sehingga diharapkan akan berdampak positif bagi perbaikan tata kelola desa di bidang wira usaha sebagai penopang ekonomi masyarakat melalui BUMDes Gerbang Emas,” harap Ahmad Sodik.

Sementara itu, ketua BUMDes Gerbang Emas M.Chaerudi mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya agar program yang tengah dilakukannya dalam 5 tahun kedepan membuahkan hasil. Dia juga mengajak warga menggali potensi di bidang BUMDes.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan meningkatkan pendapatan asli daerah.
Sebab dengan kegiatan pengolahan sampah dapat mengurangi sampah, memanfaatkan sampah dan mendaur ulang sampah yang di kenal dengan 3R. Yakni Rease Reduse Recycle,” pungkasnya. (Zik)

Anda mungkin juga berminat