Ratusan Prajurit Kodim Aceh Utara Laksanakan Garjas Periodik II

90

Lhokseumawe (Garudanews.id)  – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik, ratusan Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik II TA 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 16 s.d 18 Nopember 2020 dilapangan Jendral Sudirman Kota Lhokseumawe dan kolam renang komplek perumahan PT PAG dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letnan Kolonel Arm Oke Kistiyanto SAP mengatakan tes Garjas periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI yang dilakukan dua kali dalam setahun dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit dan sekaligus mengukur kemampuan fisik para prajurit.

“Apalagi dihadapkan dengan situasi Covid-19 saat ini, yang sudah barang tentu membutuhkan tenaga ekstra, prajurit harus betu-betul dalam keadaan fit, karena tugas yang kita hadapi saat ini tidaklah ringan,” Kata Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP.

Dalam pelaksanaan kegiatan kesamaptaan tersebut, personil terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Rumkit Kesrem Lhokseumawe yang di ketuai oleh Mayor Ckm dr. Arief Puguh, Sp.PD. dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta serta mendapat pengawasan dari Tim Jasrem 011 dan Jasdam IM.

Lebih lanjut ia mengatakan tes kesempatan jasmani juga sebagai tolok ukur untuk menentukan dan meningkatkan program pembinaan jasmani para prajurit TNI.

Kesegaran jasmani tersebut meliputi tes kesegaran A berupa lari dengan waktu 12 menit dan tes kesegaran B berupa pull up, sit up, push up dan luges dengan durasi 1 menit serta shuttle run dengan durasi kecepatan waktu ditambah dengan ketangkasan renang jarak 50 meter.

“Tes kesegaran jasmani ini juga merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan setiap prajurit TNI AD dan PNS TNI,” imbuhnya.

Ia juga menekan dalam pelaksanaan tes Garjas Periodik Semester II agar dilaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri serta tetap memperhatikan protokol/prosedur Covid 19 dengan tetap menjaga jarak satu sama lain sehingga dalam pelaksanaan Samapta ini dapat berjalan aman dan lancar. (Syahrul)

Anda mungkin juga berminat