Test Urine Acak, Puluhan Warga Binaan Negatif Narkoba

106

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Usai melakukan tes urine kepada ratusan petugas Lembaga Permasyarakatan Pasir Tanjung Cikarang, petugas Badan Narkotika Bekasi (BNK) bersama petugas kepolisian dibantu petugas lapas kembali melakukan tes urine kepada warga binaan di lembaga permasyarakatan tersebut, belum lama ini.

Dengan menggunakan protokol kesehatan dan dilakukan secara acak, sedikitnya lima puluh warga binaan dilakukan tes urine oleh petugas BNK bersama petugas kepolisian dari Satuan Narkotika dan Obat Terlarang Polresta Bekasi.

Tes urine dilakukan guna menghindari para warga binaan dari penggunaan narkotika dan obat terlarang, dari puluhan warga binaan yang dilakukan tes urine, petugas mengacak dengan meminta warga binaan dari beberapa blok yang berada di dalam lapas.

“Kita petugas BNK melakukan tes urine kepada warga binaan dengan melakukannya secara acak. Sedikitnya ada 50 warga binaan yang kami lakukan tes urine dari beberapa blok yang ada di dalam Lapas Pasir Tanjung,” ungkap Petugas BNK Bekasi, Jumarwan.

“Dari hasil tes urine terhadap puluhan warga binaan, alhamdulillah tidak ada satupun yang positif dari hasil tes urinenya, dan keseluruhannya baik dari petugas lapas maupun warga binaan hasilnya negatif tidak ada yang menggunakan narkotika maupun obat terlarang,” ungkap Jumarwan.

Sementara Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Pasir Tanjung Nur Bambang Suprihandono yang ikut terjun membantu berjalannya tes urine pada warga binaan, mengapresiasi dengan dilakukan tes urine tersebut, karena untuk mencegah adanya penggunaan narkoba pada warga binaan di tempatnya bertugas.

“Kami akan terus berkordinasi dengan BNK maupun Satnarkoba Polres Metro Bekasi untuk melakukan kegiatan serupa, yang nantinya dapat memutus mata rantai khususnya di Lembaga Permasyarakatan kelas IIA Pasir Tanjung,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Satuan Narkotika dan Obat Terlarang Polres Metro Bekasi, yang akan terus berkordinasi dengan Lapas maupun BNK dalam memberantas narkotika di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Kami tiga pilar, Polres Metro Bekasi, Badan Narkotika Bekasi dan Lembaga Permasyarakatan kelas 2A, akan berupaya semaksimal mungkin, memberantas narkoba agar tidak merusak generasi anak bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi,” pungkas Kasat Narkoba Polrestro Bekasi Budi Setiadi. (red)

Anda mungkin juga berminat