Gali Jiwa Entrepreuner Siswa, SMKN 2 Cikbar Helat Pameran Kewirausahaan

230

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Dalam rangka menggali kreatifitas dan jiwa entrepreuner para siswa, SMK Negeri 2 Cikarang Barat (Cikbar) menghelat kegiatan pameran hasil karya peserta didik dan start up bisnis di Aula SMKN 2 Cikbar, Sabtu (19/12).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi Toto Iskandar, perwakilan PHRI, jajaran guru, alumni, para orangtua serta siswa SMKN 2 Cikarang Barat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk stimulan agar SMKN 2 Cikbar mampu memberikan motivasi kepada para peserta didik, sehingga dapat menghasilkan kreatifitas yang dapat bermanfaat baik untuk masyarakat internal maupun eksternal,” ungkap Kepala SMKN 2 Cikbar, Rohmani kepada awak media.

Rohmani mengatakan, di tengah pandemi covid 19 sekarang ini, pihak SMKN 2 Cikbar terus dituntut untuk berkarya dan meningkatkan pelayanan kepada para peserta didik agar mereka mampu berkompetisi di dunia industri dan dunia usaha.

Semua jurusan di SMKN 2 Cikbar, kata dia, mulai jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akuntansi, Bisnis Daring Pemasaran (BDP), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multimedia dan Animasi, terlibat secara langsung untuk menampilkan hasil kreatifitasnya, sesuai kompetensi yang didapat selama belajar di SMKN 2 Cikbar.

“Dalam kegiatan ini disiapkan sekitar sembilan booth. Kegiatan ini pun melibatkan para alumni agar mereka bisa memberikan kontribusi kepada SMKN 2 Cikbar dan bisa menjadi role model bagi adik-adik kelasnya disini,” terangnya.

Dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemi covid 19, pihak sekolah juga meminta para siswa dan peserta pameran untuk tetap menjaga protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan handsanitizer, serta tetap menjaga jarak (sosial dan physical distancing).

Di tempat yang sama, Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pameran kewirausahaan di SMKN 2 Cikbar ini. Dirinya pun berharap agar kegiatan seperti ini bisa juga diikuti oleh sekolah lain di wilayah Kabupaten Bekasi.

Toto mengatakan, kegiatan seperti ini akan dapat menumbuhkan jiwa entrepreuner para siswa, sehingga para siswa akan siap untuk menjadi seorang pengusaha ataupun bersaing di dunia usaha saat lulus mengenyam pendidikan di sekolah nanti.

“Kegiatan seperti ini akan mencerdaskan anak bangsa, sehingga sekolah seharusnya mengadakan perlombaan seperti ini. Nah untuk pemenangnya mendapatkan reward yang mendidik, seperti pemberian beasiswa saat kuliah. Dekopinda akan support itu,” ungkapnya.

Toto pun mengapresiasi adanya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan siswa sehingga kegiatan pameran kewirausahaan ini bisa terlaksana. “Intinya Dekopinda dan SMKN 2 Cikbar akan sering berkomunikasi dan mengisi agar para siswa bisa menjadi pengusaha sukses setelah keluar dari sini,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat