Pandemi Covid 19, Siswa SMKN 2 Cikbar Terkendala PKL di Perusahaan

118

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Di masa pandemi covid 19 sekarang ini, SMK Negeri 2 Cikarang Barat (Cikbar) mengaku kesulitan untuk menyalurkan para siswa dalam mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan-perusahaan. Dari 600 lebih siswa PKL di kelas XI baru terserap sekitar 300 siswa.

Wakasek Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat SMKN 2 Cikbar, Euis Khoirunisa mengatakan, saat ini banyak perusahaan yang belum menerima para siswa siswi PKL dikarenakan belum ada rekomendasi dari Satgas Covid 19 atau surat izin dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.

“Ada juga perusahaan yang menerima tetapi jumlahnya terbatas, karena mereka sudah menyiapkan standar protokol kesehatan dan para siswa PKL juga dibatasi untuk tidak banyak berinteraksi dengan banyak orang,” ungkapnya kepada awak media.

Untuk mensiasati hal tersebut, Euis mengaku ada juga perusahaan yang melakukan PKL secara online, tetapi hanya untuk jurusan tertentu saja yang memang memungkinkan, misalnya jurusan animasi dan multimedia.

Untuk jurusan ini diakuinya memang banyak perusahaan yang sangat membutuhkan, terutama untuk media online, sehingga banyak terserap oleh perusahaan yang bergerak di bidang media online.

“Untuk tahun ini ada sekitar 600 siswa lebih yang akan mengikuti PKL. Jumlah itu terbagi kedalam 17 rombel (rombongan belajar). Dari mulai bulan Juli sampai Desember 2020 ini sudah sekitar 300 siswa yang sudah dan sedang melakukan PKL, dan setengahnya lagi kami targetkan akan terserap dari bulan Januari sampai Juni 2021 nanti,” terangnya.

Dikatakan Euis, saat ini sekitar seratus lebih perusahaan sudah menjalin kerjasama siswa PKL dengan SMKN 2 Cikbar. Sementara untuk perusahaan yang sudah berkomitmen secara continue bekerjasama setiap tahun tidak hanya PKL, jumlahnya tidak lebih dari 50 perusahaan.

“Kerjasama selain PKL seperti kerjasama untuk guru tamu, pengembangan kurikulum, training guru bahkan sampai rekruitment. Sesuai Kurikulum 2013, para siswa mengikuti PKL dengan jangka waktu minimal tiga sampai enam bulan,” tandasnya. (red)

Anda mungkin juga berminat