PDIP Gelar Try Out Nasional Secara Serentak

0
509
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan (tengah berkemeja putih) saat konferensi pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, kemarin. (Ist)

Program Try Out merupakan salah satu dari tujuh program kerja strategis Bidang Pemuda dan Olahraga yang ditetapkan pada Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) I Pemuda dan Olahraga PDI Perjuangan, dengan tema
“Kerja Nyata Pemuda PDI Perjuangan Untuk Indonesia Raya.”
Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, kemarin.

Menurut Sukur, Try Out SBM-PTN ini akan diikuti oleh para siswa dari kelas III SMA/sederajat, dan yang baru lulus di seluruh Indonesia.

“Total peserta ditargetkan 250.000 siswa se-Indonesia. Program ini merupakan komitmen DPP Pora di bidang pendidikan, dan diharapkan semua siswa sekolah bisa masuk PTN favorit terbaiknya di Indonesia, “ ujar Sukur.

Acara Try Out Nasional ini dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri.
Turut hadir Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Pengurus DPP, DPD DKI, DPC PDIP,  Komisi Pendidikan, pakar pendidikan, dan Kabinet Kerja.

Sukur menuturkan, program Try Out ini dilaksanakan karena besarnya animo pelajar di sekolah untuk masuk  PTN sekaligus membantu para siswa yang kurang beruntung masuk kampus favorit terbaiknya.

Sementar itu, pelaksanaan Try Out juga digelar di DPC PDIP Kota Bekasi. Ketua Penyelenggara Try Out PDI Perjuangan Kota Bekasi, Reynold F.Tambunan, dalam press release yang diterima Garudanews.id, mengungkapkan, pelaksanaan Try Out merupakan bentuk kepedulian partai terhadap dunia pendidikan dan menindak lanjuti amanat undang-undang serta peraturan Menristekdikti,  DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi turut bersama-sama menjalankan program partai berkomitmen  mempersiapkan adik-adik lulusan kelas XII SMA/MA/SMK/sederajat guna mengasah dan menguji kemampuannya sebelum mengikuti SBMPTN 2016.

“Kami memberi kesempatan secara luas kepada adik-adik untuk memanfaatkan kegiatan Try Out ini sebagai tolak ukur kemampuan menjelang SBMPTN 2016”, ujar Reynold F.Tambunan, Ketua Penyelenggara tryout PDI Perjuangan Kota Bekasi, Sabtu (21/5).

Reynold menambahkan bahwa Try Out ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Peserta akan  mendapatkan soal-soal berikut lembar penyelesaiannya, informasi PTN se-Indonesia, Pass in Grade dan konsumsi berupa snack.

“Sejauh ini sudah terdaftar lebih dari 300 peserta. Pada prinsipnya kami jemput bola dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah bahkan Komisi-D DPRD Kota Bekasi yang.menangani bidang pendidikan.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi menegaskan bahwa kegiatan tryout ini murni untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMU yang memang ingin melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan.

“Try Out kan memang untuk asah kemampuan sebelum benar-benar mengikuti ujian penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN”, ujarnya.

Kegiatan Try Out itu sendiri untuk Kota Bekasi dilaksanakan di Kampus STIE Tri Buana, Jl.Koto Martono-Margahayu, Bekasi Timur.

“Kami sampaikan terima kasih untuk Pengelola STIE Tri Buana yang memberikan fasilitas tempat untuk kegiatan tryout ini”, tambah Reynold F.Tambunan. Pelaksanaan tryout pada hari Sabtu (21/5) dan dimulai sejak pk.07.00 wib.

Panitia Try Out DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi juga mengkonfirmasi bahwa selain tryout akan diberikan juga training mitivation dalam menghadapi SBMPTN serta Deklarasi Pelajar Jujur. Besok sangat mungkin ada yang mendaftar lagi, kita beri kesempatan juga, karena memang tujuannya adalah latihan menjelang SBMPTN 2016.

Diketahui,  DPP PDIP  mengambil langkah bijak dalam membantu siswa-siswi SMA sedrajat  untuk membantu program pemerintah dalam Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here