Belum Lama Dilantik, Gubernur Jabar Langsung ‘Tancap Gas’

0
153
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di sela-sela kunjungan kerjanya. (Foto: dok. garudanews.id)

BEKASI (Garudanews.id) –  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera mengeluarkan peraturan daerah (Perda) Pesantren. Nantinya, Perda ini terfokus kepada kemandirian ekonomi pesantren.

“Alhamdulillah, Insya Allah terealisasi. Ini sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar-mengajar di pesantren,” ujar Ketua Bidang Pendidikan Dewan Kota Cerdas Kota Bekasi Eri Mutawali,  Jumat (14/9) kemarin.

Dikatakan Eri, Perda ini merupakan janji politik Ridwan Kamil saat berkampanye di Pilgub Jawa Barat 2018. Ridwan Kamil sendiri menginginkan pesantren itu mandiri secara ekonomi.

“Saya lewat dewan kota cerdas bekasi pernah mengusulkan untuk level kota ke Wali Kota Bekasi. Lewat trend RK (Pesantren dukung Ridwan Kamil) Kota Bekasi juga pernah mengusulkan Perda pesantren, kalau kang Emil jadi Gubernur,” jelasnya.

Dijelaskan Eri, kemandirian pesantren ini nantinya akan ditopang oleh anggaran daerah yang bersifat Bantuan Operasional Pesantren. Misalnya, dengan adanya 1 Pesantren dan 1 usaha, maka Pesantren tersebut mandiri.

Selama ini, pesantren image-nya mssih tradisional dan tidak terurus secara fisik.

“Mudah-mudahan, dengan adanya program dari Gubernur baru, pesantren khususnya secara fisik dan pengoperasionalan bisa bagus serta mandiri,” katanya.

Termasuk honor para ustad pengajarannya bisa ditingkatkan menjadi lebih sejahtera. (Dhr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here