Cegah Penyimpangan Dana Desa Pemkab Purwakarta MoU dengan Polres

21

PURWAKARTA (Garudanews.id) – Untuk mengantisipasi penyelewangan  Dana Desa (DD) tahap kedua yang akan segera di cairkan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berencana menggandeng Pihak Polres Purwakarta dalam mengawasi bantuan negara ini.

Dalam pertemuan  di hadapan para Kepala Desa dan Camat Se-Kabupaten Purwakarta Kang Dedi Mulyadi menjelaskan bahwa pihak Pemda   dalam waktu dekat ini akan melakukan kerjasama (MoU) dengan Pihak Polres Purwakarta untuk mengawasi seluruh kegiatan Bantuan Dana Desa (DD) yang beraumber dari APBN yang akan di segera di cairkan dalam waktu dekat ini.

“Pemda Purwakarta bersama Polres Purwakarta akan segera membuat Kesepakatan (MoU) dalam mengawasi bantuan DD supaya pengerjaaanya tepat sasaran,” tegas Kang Dedi Mulyadi,  di Aula Janaka Pemda Purwakarta, Jumat, (20/10).

Dalam pertemuan tersebut Kapolres Purwakarta AKBP. Dedy Tabrani  juga memberikan pemaparanya berkisar pada  Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)

Kapolres meminta kepada para Kepala Desa agar bisa mengelola Bantuan Dana Desa sesuai dengan peruntukkannya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa peruntukan dari dana desa tersebut adalah untuk membangun desa dan masyarakat.

“Keterbukaan dan tranparansi penggunaan dana desa mutlak diperlukan dalam pengelolan dari dana desa tersebut.” papar Kapolres.

Selain memberikan arahan Dana Desa Kapolres yang baru beberapa bulan ini bertugas di wilayaj hukum Purwakarta juga memberikan pencerahan mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Dikatakan bahwa Narkoba adalah barang haram yang dapat membahayakan para penggunanya baik secara kesehatan maupun dari kacamata hukum yang berlaku dinegara ini.

“Penyalahgunaan Bantuan Dana Desa bisa di jerat UU Tipikor dan Narkoba juga bisa diancam dengan UURI NO. 35 tahun 2009 tentang Narkotika., jadi jangan coba-coba semua,” tegas Kapolres.

Sedangkan Anwar Sadat selaku Ketua Asosiasi Para Kepala Desa (Apdesj) Kabupaten Purwakarta sangat mendukung adanya rencana pihak Pemda Purwakarta melakukan MouU dengan Polres Purwakarta dalam mengawasi Bantuan Dana Desa,.

Pihaknya juga berharap para Kades di Purwakarta bisa mempergunakan bantuan negara ini dengan tepat sasaran. (Fuljo/hnn)

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.