Cucurak, Tradisi Warga Bogor Jelang Bulan Ramadhan

0
267

Kabupaten Bogor ( Garudanews.id ) – Lain ladang lain belalang, begitulah kira-kira pepatah yang pas buat menunjukan perbedaan-perbedaan tradisi setiap daerah di Indonesia. Berbeda-beda cara dalam menghadapi atau memperlakukan suatu hal. Begitu pula dengan kebiasaan menjelang bulan suci Ramadhan di suatu daerah.

Ada yang menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, ada yang makan – makan atau hal lain yang kita belum ketahui di wilayah lain.

Di masyarakat Sunda umumnya dan Bogor khususnya ada kebiasaan yang dilakukan menjelang bulan Ramadhan yaitu ” Cucurak “.

Cucurak dalam arti umum bisa di artikan makan-makan sebagai wujud syukur. Namun Cucurak jadi identik dengan makan-makan menjelang Bulan Ramadhan.

Lokasi makan-makannya pun bisa dimana saja. Bisa di dalam rumah atau di luar rumah. Namun yang sering dilakukan warga Bogor adalah makan di luar rumah dengan cara Ngaliwet / masak di tempat terbuka.

Mereka masak nasi, dengan lalapan, Jengkol, sambal dan lauk Ikan asin. Nasi dan lauk kemudian di taruh di daun pisang yang di tata memanjang diatas rumput atau lantai. Disanalah mereka makan bersama-sama dengan muluk ( Tampa Sendok ).

Biasanya Cucurak dilakukan oleh sekelompok orang. Bisa kelompok keluarga, Pertemanan, komunitas dan lain-lain.

Mereka merasa senang, masih bisa berkumpul bersama teman dan makan bersama menjelang bulan Suci Ramadhan.

Cucurag bisa jadi simbol kebersamaan perkawanan dan persaudaraan. Karena rata-rata yang mengadakan Cucurag pasti ada hubungan pertemanan atau persaudaraan yang erat.

Kebersamaan dalam Cucurak tidak hanya nampak dalam cara makannya. Namun juga dalam penyiapan bahan-bahannya.

Dalam tradisi Cucurag, ada kalanya bahan-bahan makanan dibawa oleh masing-masing. Ada yang bawa beras, ada yang bawa sayurannya, ada pula yang bawa makanan ringan lainya. Selebihnya bisa belanja bersama. Bagaimana dengan tradisi daerah lain menjelang bulan Ramadhan?

Oleh : Sunyoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here