Empat Sandera WNI Berhasil Dibebaskan

0
295
Presiden Indonesia, Joko Widodo/ist

JAKARTA (GARUDANEWS)-Presiden Joko Widodo mengumumkan empat warga negara Indonesia (WNI) yang disandera di Filipina telah berhasil dibebaskan.Keempat WNI kru kapal tunda Henry itu disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina.

Seperti pada pembebasan sepuluh sandera WNI beberapa pekan lalu, Presiden juga kembali berterimakasih kepada Pemerintah Filipina. “Alhamdulilah puji syukur kepada Allah SWT, akhirnya empat WNI yang disandera oleh kelompok bersenjata sudah dapat dibebaskan,” kata Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Presiden memastikan bahwa keempat WNI itu dalam keadaan baik. “Pembebasan sandera ini berhasil melalui kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Filipina,” katanya didampingi Manteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Presiden mengatakan keempat WNI itu saat ini telah berada di tangan otoritas Filipina dan akan segera diserahterimakan kepada Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Filipina yang telah memberikan kerja sama yang sangat baik, dalam dua kali pembebasan WNI kita,” kata Jokowi.

Dia bersyukur bahwa inisiatif Indonesia dalam penyelenggaran triliateral antara Indonesia, Malaysia dan Filipina di Yogyakarta 5 Mei 2016 membuahkan hasil. “Dan operasimya ini adalah salah satu hasil implementasi pertemuan itu,” kata Presiden Jokowi.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya menyatakan pemerintah berkoordinasi dengan otoritas Filipina untuk membebaskan keempat awak kapal tersebut. Kelompok Abu Sayyaf membajak kapal tunda Henry pada 26 Maret 2016 dan telah menawan awaknya selama satu bulan lebih.

10 WNI disandera kelompok bersenjata sejak 26 Maret 2016 dan kemudian dibebaskan beberapa hari lalu, sedangkan empat WNI lainnya disandera sejak pertengahan 15 April 2016. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here