Kejari Sumbawa Terus Berupaya Cegah Korupsi

0
194
Kajari Sumbawa, Paryono, SH

SUMBAWA (Garudanews.id) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa selalu melakukan upaya penindakan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Hanya saja saat ini kejaksaan akan mengedepankan upaya pencegahan. Demikian disampaikan Kajari Sumbawa, Paryono, SH, Senin (23/7).

Ditemui seusai upacara memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-58, Kajari Sumbawa, Paryono, SH mengatakan, dalam upacara pihaknya sudah mendengar amanat dari Jaksa Agung. Dalam hal ini, jaksa harus terus berkarya dan berbakti sepenuh hati. Pihaknya juga tetap melakukan upaya pemberantasan dan penindakan tindak pidana korupsi. Namun, saat ini pihaknya lebih mengedepankan melakukan upaya pencegahan  tindak pidana korupsi.

“Bukan hanya menindak, tapi juga mencegah. Khususnya melalui TP4D di Sumbawa. Meski demikian, masih ada tindak pidana korupsi yang harus dilakukan penindakan,” ujar Kajari.

Menurut Kajari, pencegahan ini penting. Sebab, pihaknya ingin agar pembangunan berhasil dengan baik. Jika telah terjadi korupsi dan dilakukan penindakan, maka pembangunan bisa jadi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Yang lebih baik adalah bagaimana mencegah terjadinya perbuatan melawan hukum dan mencegah kerugian negara. Sehingga hal tersebut bisa diminimalisir.

Karena itu, pihaknya mulai bergerak dari awal. Mulai dari perencanaan pembangunan sudah dilakukan pendampingan dan pengawalan. Sehingga tidak terjadi kerugian negara.

“Jadi intinya supaya tidak ada kerugian negara. Jika kerugian negara bisa ditekan, maka bisa digunakan untuk pembangunan lain,” Tambahnya .

Kajari mengungkapkan, setiap tahun pihaknya menangani kasus tindak pidana korupsi. Dalam penanganan kasus tindak pidana korupsi, tidak seperti penanganan  tindak pidana biasa. Karena perlu pembuktian dan pendapat ahli. Namun sejauh ini tidak ada hambatan yang signifikan dalam penanganan suatu kasus korupsi.

Khusus di Kabupaten Sumbawa, pihaknya kini tengah mengawasi penggunaan dana desa. Karena penggunaan Dana Desa (DD ) ini menjadi perhatian  dari pemerintah pusat. Agar pembangunan di desa menjadi lebih baik lagi.

Sebelumnya, digelar upacara memperingati HBA ke-58 di halaman kantor Kejaksaan setempat. Dalam upacara yang dipimpin Kajari Sumbawa itu, diikuti oleh seluruh Jaksa dan pegawai di Kejari Sumbawa. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin, ST, Kapolres Sumbawa, AKBP. Yusuf Sutejo, SIK., MT, Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf. Samsul Huda, Perwakilan PN Sumbawa, Faqihna Fiddin, SH, beserta para purnaja Kejari Sumbawa. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here