Kepala BIN : Antisipasi Ancaman, Intelijen siapkan Kewenangan Tambahan

0
213
sumber foto bin.go.id

GARUDA NEWS | JAKARTA – Intelijen perlu kewenangan tambahan terkait penanganan potensi ancaman seperti gerakan teroris, separatis, maupun radikal. Badan Intelijen Negara (BIN) telah mendeteksi adanya gerakan-gerakan tersebut, namun tidak dapat menggali informasi lebih lanjut dari mereka karena kewenangan tersebut belum tercantum dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme. Demikian pernyataan Kepala BIN Letjen TNI (Purn) Sutiyoso seusai rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Februari 2016.

Lebih lanjut Kepala BIN menegaskan bahwa penambahan kewenangan bukan dalam hal menangkap warga negara yang terlibat terorisme. BIN hanya ingin diberi kewenangan tambahan dalam memanggil seseorang untuk mendalami sebuah informasi. Bukan menangkap seperti pekerjaan polisi.

Sutiyoso optimistis Komisi I DPR RI akan menyetujui usul BIN itu untuk dimasukkan ke revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme.

“Saya berharap, revisi UU Terorisme segera dibahas dan disahkan oleh DPR. Itu lah yang kami minta. Mereka memahami, untuk melengkapi penyelidikan dan informasi, kami perlu memanggil orang, bukan menangkap,” jelas Sutiyoso.

Kepala BIN menambahkan bahwa kewenangan tersebut diperlukan agar informasi intelijen dapat ditindaklanjuti guna meminimalisir potensi serangan militan di Indonesia. Bahkan sebelum adanya peringatan dari Pemerintah Australia terkait adanya indikasi serangan teror lanjutan. BIN sudah mendeteksi hal tersebut.

Beberapa waktu lalu, dalam situs resmi pemerintah Australia, terdapat himbauan bagi wisatawan Australia yang hendak berlibur ke Jakarta, Bali, dan Lombok mengenai adanya indikasi serangan teror lanjutan ke Indonesia.

Menanggapi peringatan dari Pemerintah Australia tersebut, Kepala BIN menyatakan bahwa BIN tetap melakukan  deteksi dini sebagai salah satu prosedur operasional intelijen dalam mengantisipasi potensi acaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here