MenPAN-RB Pastikan Mobil Dinas Dilarang Untuk Pulang Mudik

0
226
Antrian kendaraan saat mudik lebaran. (ist)

JAKARTA (Garudanews.id) –  Saat mudik lebaran, mobil dinas pada instansi pemerintahan sering dimanfaatkan oleh pejabat yang diberikan infentaris kendaraan untuk dibawa mudik ke kampung halaman.

Padahal, keberadaan mobil tersebut operasionalnya dibiayai oleh negara. Sehingga memunculkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah, melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur memastikan mobil dinas pejabat dilarang digunakan untuk mudik.

Dia menegaskan hal tersebut sudah tetapkan dalam Peraturan Menpan Nomor 87 Tahun 2005. untuk mudik di lingkungan kementerian atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Asman mengatakan akan mempertimbangkan penggunaan bus tersebut. “Saya akan mencoba melihat aturan ini, apakah bisa dipakai untuk pulang kampung olehpegawai golongan satu dan dua karena daripada mereka pulang kampung pakai motor,” kata Asman, Senin, (7/5).

Dengan begitu, Asman memastikan pihaknya akan mengevaluasi aturan tersebut karena saat Peraturan Menpan Nomor 87 Tahun 2005 dibuat belum ada bus kantor. Hanya saja, dia menegaskan hal itu tidak akan mempengaruhi ketentuan pelarangan mobil dinas pejabat tetap dilarang untuk mudik.

Menurut Asman, kendaraan dinas hanya bisa digunakan untuk kepentingan dinas. Penggunan kendaraan dinas hanya untuk kerja dan tugas pokok. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here