Nyaleg Melalui PPP, Menteri Lukman Hakim Gagal Lolos ke Senayan

251

JAKARTA (Garudanews.id) – Sudah jatuh tertimpa tangga, begitulah kira kira pepetah yang disematkan kepada caleg yang bermasalah hukum, selain itu, dalam ajang pemilihan legislatif juga tak lolos ke parlemen.

Seperti yang menimpa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Politisi yang nyaleg melalui PPP Dapil Jabar VI meliputi Kota Depok dan Kota Bekasi itu dipastikan tak lolos ke Senayan. Kendatipun sebagai pejabat negara, dan nama besarnya sebagai tokoh yang kerap muncul di media itu, ternyata tidak mampu mendongkrak suara pada pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu.

Faktor lainnya adalah, perpecahan di tubuh partai berlambang Ka’bah dan kasus OTT KPK  mantan Ketum PPP Romahurmuziy dalam kasus suap jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur, diduga salah satu penyebab kekalahan Lukman di Pileg 2019 lalu.

Lukman pun ikut diperiksa KPK dalam kasus suap Kemenag Kanwil Jatim. Bahkan berdasarkan pengakuan Kakanwil, ia pernah memberikan uang kepada Lukman senilai Rp10 juta.

Peneliti Senior Forum Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengaku persaingan di Dapil Jabar VI sangat ketat sekali. Karena itu, selain popular, keterpilihan seorang caleg juga ditentukan kedekatan emosional antar caleg dan pemilih.

“Jadi bagi saya, gagalnya figur popular, artis ataupun menteri bukan fenomena baru. Pemilu 2014 lalu ada begitu banyak pesohor yang bertarung, tetapi hanya beberapa saja yang berhasil menuju Senayan,” ucapnya, Sabtu (11/5).

Seperti diketahui, dari h asil Pleno KPUD Kota Bekasi & Kota Depok, caleg yang berhasil menjadi anggota DPRRI Dapil Jabar 6 yaitu: Intan Fauzi (PAN/ petahana), Mahfudz Abdurrahman (PKS/ petahana), Nuroji (Gerindra/ petahana), Nur Azizah (PKS), Sukur Nababan (PDIP/ petahana), Wenny Haryanto (Golkar/ petahana).

Sengitnya persaingan tersebut, menjadikan sejumlah nama pesohor, baik tokoh politik maupun menteri Kabinet Indonesia Kerja, selebritis gagal melaju ke Gedung Parlemen, Senayan.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin  (PPP) dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (PKB) tak meraih suara signifikan.

Nama lain di Dapil VI yang cukup dikenal di mata publik namun gagal lolos ke Senayan di antaranya, artis Fauzi Badila (Gerindra), Angle Karamoy (PDI Perjuangan), Lucky Hakim (Nasdem) dan Farhat Abas (PKB). (Mam)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.