Pengamat: Prabowo tidak bisa dianggap remeh

0
185
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan) berfoto dengan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono seusai mendaftarkan dirinya di gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8). Prabowo-Sandi mendaftarkan dirinya ke KPU sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. (Foto: Ant)

JAKARTA (Garudanews.id) – Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari mengungkapkan, bahwa Pilpres 2019 ini menjadi pertarungan Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Bagaimana prediksi peluang kedua pasangan tersebut untuk memperoleh suara pada ajang kontestasi politik lima tahunan ini?.

Berdasarkan analisa M Qodari,  Jokowi bakal unggul dari sisi elektabilitas, dan memiliki kemudahan untuk kampanye baik sebagai capres maupun presiden. Namun, Jokowi punya persoalan besar di bidang ekonomi, karena kas negara yang mepet, namun masih ingin membangun infrastruktur, belum lagi harga komoditas yang anjlok.

Sementara Amin meski dianggap senior, justru itu nilai lebihnya. Bisa jadi akan lebih banyak simpati dengan sosok Amin. Pihak yang selama ini sering mengeluarkan hoaks akan segan dengan keberadaan Amin.

Bahkan sosok Amien Rais pun akan segan dengan Ma’ruf Amin. Namun, tantangan terbesar Amin adalah merangkul suara NU, yang kalau dihitung mencakup 35 persen suara nasional.

Sementara itu, Prabowo tentu sebagai capres dengan elektabilitas nomor urut dua tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, saat ini pihak yang tidak mendukung pemerintah tegas mendukung Prabowo. Namun dukungan Islam yang selama ini diklaim saat ini telah direm dengan keberadaan Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi.

Sementara Sandi tentu memiliki nilai tambah muda, pengusaha sehingga mampu berbicara isu ekonomi.

“Namun saya tidak yakin Sandi mampu menggaet suara dari Indonesia Timur, kendati punya darah Gorontalo,” ujar Qodari.

Alasan tersebut, lanjut dia, karena Sandi tidak pernah besar disana.

“Beda dengan posisi Jusuf Kalla di pemilu lalu. Jusuf Kalla adalah sosok yang besar dan mengenyam pendidikan di tempat kelahirannya,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here