PPMI Minta Polda Tangguhkan Penahanan Eggi Sudjana 

504

JAKARTA (Garudanews.id) – DPP Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) meminta Polda Metro Jaya untuk menangguhkan penahanan Eggi Sudjana, pasca Surat Perintah Penangkapan Nomor SP.Kap/1012/V/2019 Ditreskrimum.

Sekjen DPP PPMI, Zulkhair mengatakan, permintaan penangguhan penahanan itu berdasarkan azas praduga tak bersalah (Presumption of Innocence) dan ketentuan dalam Pasal 123 Undang-undang No 8 tahun 1981 tentang KUHAP.

“Permintaan ini merupakan hasil rapat pleno DPP PPMI pada tanggal 13 Mei 2019, dan hasil rapat koordinasi aliansi gerakan pekerja muslim se-Indonesia pada tanggal 14 Mei 2019 di Jakarta,” ungkapnya.

Zulkhair menjelaskan, Eggi Sudjana merupakan anggota sekaligus sebagai salah satu pendiri PPMI, serta merupakan salah satu tokoh kaum buruh di Indonesia.

“Kami meminta penangguhan penahanan juga karena saudara Eggi Sudjana selama ini kooperatif dan tidak pernah mempersulit setiap pemeriksaan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan melarikan diri dan menghilangkan alat bukti,” paparnya.

Seperti diketahui, Pengacara Eggi Sudjana dilaporkan ke Polisi dengan Nomor : LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019 atas dugaan melakukan tindakan makar.

Berdasarkan laporan tersebut terbitlah Surat Perintah Penangkapan Nomor : SP.Kap/1012/V/2019 Ditreskrimum terhadap Eggi Sudjana. (red)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.