Puncak Peringatan Hardiknas, Bupati Jeneponto Bacakan Sambutan Mendikbud

184

JENEPONTO (Garudanews.id) – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, mengatakan pihaknya bersyukur, baru saja bangsa indonesia berhasil melewati tahap puncak perhelatan pemilu serentak, pada 17 April lalu dan dalam kondisi aman. Kemudian tinggal menunggu proses selanjutnya, yakni penentuan akhir pada (22/5) yang akan datang.

Pernyataan tersebut dikemukakan Bupati, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dalam upacara puncak Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Passamaturukang Kota Bontosunggu Kabupaten Jeneponto, Jumat (3/5).

“Jika dilihat dari sudut pandang pendidikan didalam pemilu itu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara,” ujar Bupati di hadapan ribuan peserta upacara.

Menurutnya, proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kepada kedewasaan

“Dalam hal ini proses demokrasi kita memang perlu di ketahui bersama bahwa terbentuknya negara ini awal dari proses demokrasi yang merupakan tujuan pendidikan nasional hal ini sesuai dengan undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 13 menyebutkan,” tambahnya.

Bupati mengatakan, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwah kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Adalah hal yang lumrah dalam kontestasi demokrasi selalu meninggalkan jejak jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momen seperti ini, kata dia, tanggung jawab nasional di pertaruhkan.

‘Tanggungjawab untuk selalu menjaga asset vital bangsa yang tak ternilai harganya ,yaitu semangat ke rukunan,persaudaraan dan petsatuan,” katanya.

Selanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan perhatian khusus pada pendidikan anak anak indonesia yang berada dikuar batas negara, seperti anak anak keturunan indonesia yang berada di sabah dan serawak negara bagian Malesyia.

Pendidikan dan kebudayaan sangat erat kaitannya dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya indonesia
Yang berkarakter berakhlak dengan penuh kesopanan

“Pendidikan indonesia yang berkarakter dan penyiapan generasi terdidik terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Usai membacakan Naskah Pidato Medikbud RI, Bupati Jeneponto memberikan apresiasi kepada pegawai, guru siswa yang berprestasi.

“Kami berharap agar prestasi yang disandangnya dapat ditingkatkan dan dipertahankan pada masa masa yang akan datang,” harapnya.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hardiknas Wakil Bupati Jeneponto Kapolres, Dandim 1425 Jeneponto, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto dan para kepala UPTD, dan para Kepala Sekolah. (HNN/Rahman)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.