Rupiah Terus Terpuruk,  Begini Kata Rizal Ramli

0
187
Ilustrasi (ist)

JAKARTA (Garudanews.id – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS)  membuat publik bertanya-tanya soal keseriusan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam menyelamatkan rupiah yang dinilainya pada level mengkhawatirkan. Dimana saat ini nilai tukar rupiah tembus Rp15. 300.

Meski berdalih melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar dikarenakan faktor eksternal,  faktanya beberapa negara yang terdampak krisis global telah kembali pulih.  Berbeda dengan Indonesia,  meski memiliki Menteri Keuangan yang pernah  berpengalaman di bank dunia,  akan tetapi tidak dapat berbuat banyak terkait dengan terpuruknya rupiah.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Rizal Ramli menyebut Menteri Keuangan, Sri Mulyani sudah menyerah untuk menyelamatkan rupiah.

Hal tersebut ia ungkapkan melalui akun Twitter pribadinya @RamliRizal pada Kamis (11/10) .

Rizal Ramli menyebut bahwa dari awal kondisi rupiah selalu ‘over-rated’, tidak cukup canggih dan selalu ‘Behind the Curve’

Rizal Ramli mengungkapkan tidak aneh jika makro ekonomi Indonesia meningkat dua tahun terakhir.

“Sri Mulyani Sudah Menyerah Selamatkan Rupiah .. Memang dari awal ‘over-rated’, tidak cukup canggih dan selalu“Behind the Curve”. Tidak aneh resiko makro ekonomi Indonesia meningkat 2 tahun terakhir,” tulisnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, kondisi rupiah yang semakin melemah terhadap dollar AS disebabkan faktor eksternal.

Ia memastikan pelemahan rupiah tak ada kaitannya dengan musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

“Tidak (berhubungan dengan bencana). Saya lihat dominasi hari ini mayoritas berasal dari luar yang sangat dominan pada saat yang lalu. Kita lihat sentimen kemarin adalah Italia yang defisitnya besar,” kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/10).

“Sekarang Italia komitmen menurunkan defisit APBN, lalu ada sentimen yang lain. Mayoritas ini masalah eksternal,” tambah dia.

Sri Mulyani memastikan, pemerintah terus bekerja agar faktor-faktor eksternal tersebut tak membuat rupiah semakin anjlok. (tn/yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here