Tahun 2018, Jumlah Wirausaha Ditargetkan 3 Persen

0
242
Menteri BUMN Rini Soemarno/ist

SUKABUMI (GARUDANEWS)-Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan jumlah wirausaha di Indonesia menjadi sekitar 3 persen pada 2018 dari total jumlah penduduk, naik dibanding saat ini yang hanya berkisar 1 persen. “Peningkatan jumlah wirausaha nasional diupayakan dari sinergi BUMN termasuk melalui program kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan bank-bank BUMN dan BUMN pembiayaan,” kata Rini.

Menurut Rini, masih minimnya jumlah wirausaha Indonesia tersebut cukup memprihatinkan karena dibanding dengan jumlah pebisnis di negara tetangga yang sudah mencapai 5-7 persen dari jumlah penduduk.

Dalam kunjungan kerja itu, Rini didampingi Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi BUMN Gatot Trihargo, Dirut Bank BNI Ahmad Baiquni dan Direktur Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Muhammad Irfan, dan Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani Parman Nataatmadja.

Rini berturut-turut mengunjungi Pondok Wirausaha Dwina Assalam SQF, milik Slamet Wuryadi, yang memiliki usaha peternakan burung puyuh nasabah Bank BRI.

Selanjutnya menemui Kelompok Usaha Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) di Desa Langansari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, program yang merupakan layanan pembiayaan dari Permodalan Nasional Madani membantu membantu membiayai ibu-ibu rumah tangga dalam berwirausaha secara berkelompok untuk meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

Selain itu juga meninjau nasabah UKM Bank BNI di kawasan Salabinta yang bergerak dalam bidang usaha budi daya bunga potong bambu hoki.

Menurut Rini, BUMN siap membantu pemerintah mendorong perekonomian nasional melalui program yang dimiliki ikut berperan dalam mendorong terciptanya wirausaha.

Ia menjelaskan bersama dengan tim Bank BUMN sudah berbicara dengan Presiden Joko Widodo melaporkan bahwa penyaluran KUR mencapai hasil yang memuaskan.

“Sudah saatnya BUMN mampu menelurkan hal-hal yang baru bagi dunia usaha. UKM dibantu sehingga terjadi perpindahan segmen dari yang kecil menjadi usaha menengah selanjutnya menjadi usaha besar,” tegas Rini.

Dengan begitu tambahnya, tercipta wirausaha Indonesia yang memiliki daya saing tidak saja tingkat nasional tetapi mampu bersaing di level internasional. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here