Ternyata Kanker Payudara Mudah Disembuhkan

0
63
Ilustrasi

JAKARTA (Garudanews.id) – Berdasarkan survei dari RS Dharmais, Jakarta, bahwa kanker lebih rentan menyerang kaum wanita dibanding para pria. Hal itu menyusul dengan adanya kasus kanker di Indonesia kian meningkat yang dialami oleh kaum hawa.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI), Prof. dr. Abdul Kadir, PhD., Sp.THT-KL(K), MARS mengatakan, banyak 63 persen pengidap kanker merupakan kaum perempuan. Jika dibandingkan kaum pria, hanya sekitar 30 persennya saja yang berpotensi diintai oleh kanker.

“Perempuan paling banyak menderita kanker dibandingkan laki-laki. Apalagi, kasus kanker paling banyak adalah kanker payudara yaitu sebesar 41 persen,” ujarnya di Gedung Kementerian Kesehatan, Kamis, (8/11).

Menurutnya, kanker payudara menempati urutan tertinggi pada jenis kanker yang paling banyak diderita. Masih dari data survei RS Dharmais, kanker serviks berada di urutan kedua untuk jenis kanker yang banyak diderita.

“Tetapi angka kesembuhan untuk kanker payudara juga paling tinggi. Hal ini disebabkan organ payudara yang ada di luar sehingga mudah dideteksi. Berbeda dengan serviks yang letaknya di dalam tubuh sehingga sulit dilihat perubahannya,” kata dia.

Dengan melakukan pemeriksaan sendiri terhadap payudara, deteksi dini paling mudah dilakukan. Hal ini membuat kanker ditemukan pada stadium awal, sehingga pengobatan lebih mudah dilakukan. Meski harus menjalani operasi payudara, angka harapan hidupnya lebih tinggi dibandingkan mereka yang menemukan kanker payudara pada stadium lanjut.

“Masalahnya, setelah deteksi dini, jangan datang ke pengobatan alternatif. Harus segera ke dokter untuk meyakini apakah itu kanker atau bukan. Ini yang perlu diedukasi kembali pada masyarakat,” pungkas Abdul. (Viv/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here