‘Tingkat Kepemilikan Rekening Bank Masih Rendah’

0
228
Presiden Joko Widodo/ist

JAKARTA (GARUDANEWS)-Tingkat kepemilikan rekening bank masyarakat Indonesia dinilai masih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Presiden Joko Widodo mengatakan hanya 21, 84 persen penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangannya katagori baik. “Data itu menunjukkan masih rendahnya tingkat kepemilikan rekening di bank serta kepemilikan tabungan di lembaga keuangan formal,” katanya.

Ia mengatakan tingkat literasi keuangan Indonesia juga tertinggal jauh dari negara-negara tetangga misalnya Singapura mencapai 96 persen, Malaysia 81 perrsen dan Thailand 78 persen. “Kita masih rendah sekali. Rendahya literasi keuangan menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat inklusi keuangan,” kata Kepala Negara.

Ia meminta ada terobosan perluasan jangkauan perbankan dengan memperhatikan karakteristifk sebagai sebagai negara kepulauan. Ia mengatakan layaran teras kapal milik BRI merupakan salah satu contoh terobosan. Presiden Jokowi juga mengutip hasil survei nasional tentang literasi keuangan masyarakat 2013 bahwa jumlah lembaga keuangan 2.977 belum bisa jangkau ke seluruh nasyarakat Indonesia.

Dia juga menyampaikan bahwa lembaga-lembaga di dunia baik PBB, Bank Dunia, IMF memberikan apresiasi terhadap strategi nasional keuangan inklusufif di Indonesia. “Mereka ingin berikan dukungan penuh program ini sehinggga nantinya pada bulan Agustus secara bersama-sama akan kunjung ke Indonesia,” katanya. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here