Universitas Terbuka Digandeng Pemkot Serang Tingkatkan Kualitas SDM

22

SERANG (Garudanews.id) – Pemerintah Kota Serang, Provinsi Banten, mengadakan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of undersanding/MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) birokrasi di daerah itu.

“Kegiatan hari ini merupakan kesepakatan bersama antara Universitas Terbuka dengan Pemerintah Kota Serang, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan SDM birokrasi serta memicu para ASN di Kota Serang bisa kuliah di UT di tengah-tengah kesibukannya,” kata Wali Kota Serang, Syafrudin di Serang, Selasa.

Pada kegiatan yang bertajuk “Peningkatan SDM dan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi Di Wilayah Kota Serang, Melalui Pendidikan Jarak Jauh Modern Dalam Era Revolusi Industri 4.0”. itu, ia menyatakan pendidikan merupakan salah satu hal yang penting, terutama terkait peningkatan SDM.

,Syafrudin mengatakan, Pemkot Serang mendukung program UT untuk lebih meningkatkan kualitas SDM, dan khususnya untuk peningkatan angka pertisipasi kasar (APK) perguruan tinggi (PT) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Selain itu juga, di Kota Serang sendiri angka partisipasi masyarakat jenjang strata satu (S1) sekitar 60 persen, serta sisanya 40 persen masih belum menikmati bangku perkuliahan.

“Ya mudah-mudahan saja yang 40 persen tersebut bisa secara keseluruhan bertahap, supaya seluruh masyarakat di Kota Serang minimal gelarnya sarjana,” katanya.

Ia berharap UT dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat untuk bisa melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, melalui pendidikan dengan sistem jarak jauh dan kemandirian, serta sistem pembelajaran yang berbasis digital “online” dan tatap muka.

“Kami sangat mendukung program UT, karena dari tahun ke tahun sebelumnya UT sudah bisa memroduksi dan menghasilkan anak-anak di Kota Serang yang berkualitas dengan biaya kuliah yang terjangkau. Bahkan masyarakat luar daerah pun bisa ikut berkuliah di UT. Memang peran UT di Kota Serang baik sekali,” kata Syafrudin.

Direktur Perguruan Tinggi UT, Maman Rumanta mengatakan pihaknya perlu melakukan kerja sama dengan Pemkot Serang guna meningkatkan kualitas pendidikan, agar masyarakat bisa menempuh pendidikan di tingkat perkuliahan terutama dapat berkuliah di UT.

“APK di Kota Serang yang baru tercapai sekitar 31,5 persen, hal tersebut jauh dari target minimal 40 persen. Untuk mencapai target tersebut pihak UT melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Serang, dan membantu menyosialisasikan pentingnya pendidikan,” katanya. (Ant/Sfa)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.