Warga Desa di Rote Rasakan Manfaat Pembangunan Embung

218

ROTE NDAO (Garudanews.id) – Pembangunan embung di desa Loleoen, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, dirasakan sangat bermanfaat karena menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya petani di wilayah tersebut.

Embung yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2018, sebesar Rp200 juta itu, merupakan jawaban dari keresahan warga sekitar terkait kebutuhan air untuk pertanian dan peternakan.

Yusuf Udin, warga yang tinggal di lokasi proyek tersebut mengungkapkan, sebelum dibangunnya ini, ternak warga kesulitan mendapat air untuk minum. selain itu, lahan sawah yang ada di sekitar embung sering gagal panen lantaran kekurangan air. namun dengan dibagunnya embung ini, masyarakat sangat terbantu.

“Kami minta terima kasih banyak kepada bapak desa karena sudah bangun embung ini. Kami bisa pakai untuk mengairi sawah, untuk siram sayur dan kacang-kacangan, ternak kami juga bisa minum air di sini,” ujar Yusuf.

Sementara itu, kepala desa Loleoen, Marthinus Menoh, mengatakan, bahwa jabatan yang diembannya merupakan amanah yang harus dijaga. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk mendedikasikan hidupnya guna membangun dan mensejahterakan masyarakat loleoen, dengan dana desa dan alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

”Pekerjaan tahun 2018 semuanya selesai sesuai harapan masyarakat. tahun lalu saya bangun satu buah embung, pebangunan jalan usaha tani menuju sentra pertanian dan dan infrastruktur lainnya,” jelas Kades Menoh.

Kendati merupakan desa baru, namun Marthinus mengatakan pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan dana untuk membangun infrastruktur dan meberdayakan masyarakat desa menuju sejahtera. (Dance Henukh)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.