Warga Karyasari Bogor Manfaatkan Lahan Garapan Tanam Jambu Kristal

0
169
Buah Jambu Kristal. (Ist)

BOGOR (Garudanews.id) – Warga Desa Karyasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor manfaatkan lahan garapan milik taman nasional untuk menanam buah jenis jambu Kristal. Karena dianggap menguntungkan, maka mereka beralih dari bercocok tanam padi dan palawija ke jambu Kristal.

“Lahan garapan tersebut seluas 7 hektar, para petani mulai membudidayakan  jambu Kristal sejak 2016). Walaupun sejumlah petani mampu bertani secara otodidak tapi hasilnya persatu kali panen dengan satu minggu sekali dapat mencapai 4 sampai 5 kwintal,”ungkap Kepala Desa Karyasari, Riad kepada garudanews.id, Kamis (10/5/2018).

Kata Riad, komoditas jambu Kristal menjadi unggulan para petani diwilayahnya. Dengan begitu, selain untuk dikonsumsi sendiri yang penting dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Usia pohon jambu Kristal terbilang relative singkat dari awal menanam hingga masa memanen,”ungkapnya.

Lanjut dia, sesuai perawatan dengan menggunakan pupuk organik maupun non organik, perkembangan pohon jambu dapat tumbuh subur dan usia produktif buah dapat mencapai 20 tahun.

“Dan kini jambu Kristal jadi primadona petani, karena unggul dalam cita rasa, mudah di budidayakan, frekuensi panen tinggi, peluang usaha dengan permintaan di pasaran tinggi,”ujarnya.

Sementara Sekretaris Desa Karyasari, Dedi Sukmedi mengatakan, kedepan pihaknya akan lebih focus untuk membudidayakan tanaman jenis jambu Kristal yang nantinya akan dibuatkan BUMDes untuk menampung hasil dan pemasarannya hanya cukup di desa.

“Jenis jambu Kristal rasanya manis, segar, berdaging tebal dan hamper tanpa biji. Kini harga jual jambu ini di tingkat petani sekitar Rp 15 ribu perkg dan harga lebih tinggi dengan jenis jambu lainnya,”ujarnya. (ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here