11 Kades di Sukabumi Diduga Selewengkan Dana Desa

0
99
Ilustrasi

SUKABUMI (Garudanews.id) – Diduga ada 11 desa di Kabupaten Sukabumi menyimpangkan dalam pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2018.

Sedangkan menurut data yang dirangkum dari 17 pengaduan ada 11 desa yang telah dilakukan pemeriksaan khusus (riksus) oleh pihak Inspektorat Kabupaten Sukabumi.

”Kami telah mencatat dari bulan Januari sampai Oktober 2018 dan yang sudah kami periksa ada 11 desa dari 17 pengaduan yang telah masuk,”jelas Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Komarudin saat ditemui di Palabuhanratu, Kamis (08/11).

Kata Komarudin, pihaknya tidak bisa memaparkan semua desa tersebut, pasalnya berbenturan dengan aturan dari Kementrian Desa (Kemendes).

”Kami tidak dapat menyebutkan desa mana saja yang sudah diperiksa, karena ada aturan Kemendes yang melarang mempublikasikan desa yang terjerat administrasi laporan,” jelasnya.

Lanjut dia, semua Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dilakukan Tim Satuan Tugas (Satgas) Kemendes bersama Inspektorat sudah diserahkan kepada bupati. Dan mengenai sanksi yang diberikan kepada desa bermasalah.

”Pemeriksaan Khusus dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat dan sanksinya dilihat dari jenis penyimpangannya,” tuturnya.
(Ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here