Anthurium Kembali Berkibar Di Dunia Tanaman Hias Indonesia

0
2307
Kontes-kontes Anthurium kembali marak di gelar di berbagai kota di Pulau Jawa. Foto : Dok

Magetan ( Garudanews.id ) – Anda masih ingat dengan tanaman hias yang bernama Anthurium Jemani? Mungkin sudah banyak yang lupa pasca meredupnya harga dan animo para  penghobi tanaman hias 8-9 tahun yang lalu. Namun beberapa bulan terakhir pamor Anthurium Jemani kembali naik. Setidaknya itu dirasakan para penghobi di pulau Jawa.

Salah satunya adalah Teddy, warga Magetan, Jawa Timur. Dalam satu tahun terakhir untuk wilayah Jawa Timur menurut Teddy sudah mulai hangat. “ 6 bulan terkahir mulai hangat mas. Kalau saya kan tidak pernah lari dari Anthurium, dan sekarang sepertinya mulai ramai lagi” ujarnya kepada Garudanews.id.

Memory para penggila tanaman asal amazon ini masih terus terngiang dengan harga yang mencapai ratusan juta waktu itu ( tahun 2006-2008 ). Kini mereka membentuk komunitas-komunitas penghobby Anthurium. Harganyapun relative masih tinggi. Namun menurut Teddy, sekarang para kolektor mengejar jenis – jenis Jemani yang berkarakter.

“ Yang di cari sekarang jenis – jenis karakter. Tidak harus varigata. Seperti jenis Mangkok Super, Flaminggo, Luna Maya dan lain – lain. Kalau kemarin kan jenis varigata yang ramai , kini yang jenis ijo pun juga mulai di lirik colektor” terangnya

Untuk harga jenis-jenis karakter dikisaran 500 – satu juta untuk ukuran remaja. Sementara untuk jenis induk bias mencapai 5 kali lipat tergantung jenis dan karakternya.

Komunitas Penggila Anthurium di terbentuk di berbagai kota. Foto : Dok

Ramainya Anthurium ini tidak lepas dari gigihnya para penghobi untuk terus melakukan silahtruhmi  melalui lomba-lomba di beberapa kota. Dari mulai Jakarta, Depok, Yogyakarta, Magelang, Surabaya dan Salatiga.

Untuk jenis Anthurium Varigata, ada yng dibandrol hingga diatas 50 juta satu potnya, “ Semua tergantung jenis, dan karakternya pokoknya” tandas Teddy. Cj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here