Bertolak ke Belgia, Wapres JK Hadiri KTT Asia-Eropa

0
160
Wapres Jusuf Kalla

JAKARTA (Garudanews.id) – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Eropa ke-12 di Brussel, Belgia. Adapun KTT tersebut akan berlangsung pada 18-19 Oktober 2018.

Seperti dilansir dari Republika, Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla bertolak ke Belgia pada Rabu (17/10) malam dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, GA 088 sekitar pukul 21.05 WIB. Pesawat tersebut terbang menuju

Changi Internasional Airport, Singapura, untuk transit selama 1 jam 30 menit.

Setelah itu, wakil presiden beserta rombongan melanjutkan penerbangan ke Belanda. Rombongan diperkirakan tiba di Schiphol Internasional Airport pada Kamis (18/10) sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

Selanjutnya, wakil presiden beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan menggunakan kereta api Thalys 9340 menuju Brussel, Belgia dari Stasiun Amsterdam CS pada pukul 11.17 waktu setempat. Setibanya di Brussel, wakil presiden langsung mengikuti rangkaian kegiatan KTT Asia-Eropa ke-12.

Adapun KTT Asia-Eropa akan menyatukan kepala negara dari 51 negara Eropa dan Asia. Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk akan memimpin KTT tersebut. Sementara Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker juga akan mewakili Uni Eropa di KTT ini.

Para pemimpin negara-negara Eropa dan Asia akan memperkuat dialog dan kerjasama antara dua benua dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, konektivitas pembangunan berkelanjutan, iklim, serta tantangan keamanan, seperti terorisme, non-proliferasi, keamanan cyber, dan migrasi tidak teratur. Pertemuan Asia-Europe (ASEM) didirikan pada tahun 1996 sebagai forum dialog dan kerjasama antara Eropa dan Asia, yang tujuan utamanya adalah untuk memperkuat hubungan antara dua benua.

Selain mengikuti rangkaian acara KTT Asia-Eropa, Jusuf Kalla juga diagendakan bertemu warga Indonesia di Brussels dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Rencananya, wakil presiden beserta rombongan akan kembali ke Indonesia pada Sabtu sore waktu setempat. (Red/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here