Disuntik Ratusan Juta, BUMDes Ini Manfaatkan Lahan Tidur

0
149
Lahan tidur (Ilustrasi)

BOGOR (Garudanews.id) – Disuntik Rp 250 juta, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kalong Liud Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor manfaatkan lahan tidur. Pasalnya bila melihat potensi secara lebih dekat, Desa Kalong Liud memiliki bebereapa program prioritas yang dipercaya membawa dampak baik bagi warganya.

“Sebagai tahap awal, sebagian besar anggaran untuk BUMDes dialokasikan sebagai modal awal, dimana itu untuk pembelian peralatan dan juga penyiapan bangunan kantor,” jelas Pjs Kades Kalong Liud, Ujang Maulana kepada garudanews.id, Jum’at (26/10/2018).

Lanjut Ujang, untuk bidang  pertanian dengan luas target 6 Hektare tanah non produktif yang udah terinventarisir akan disulap menjadi lahan yang produktif dengan ditanami cabai sebagai pilihan terbaik sesuai kontur tanahnya.

“Dari pada lahan tersebut tidak berguna, maka kami  menghubungi pemilik tanah untuk mengubah lahannya menjadi lahan produktif,” jelasnya.

Selain itu, kata Ujang, BUMDes ini juga nantinya akan mengelola bank sampah, jadi warga dapat memanfaatkan sampah menjadi salah satu hal yang bernilai ekonomis.

“Ya setidaknya, dari barang yang tidak terpakai atau tidak berharga, masyarakat diarahkan dan dibina sehingga dapat ikut menabung di bank sampah dengan tabungan sampah yang ada,” tutur dia.

Tak hanya itu BUMDes juga untuk membantu warga terutama yang mempunyai usaha sendiri dan akan melayani simpan pinjam.

“Pemerintah desa sering menengahi warga yang terjerat dengan bank keliling. Untuk itu kita coba adakan simpan pinjam, namun untuk sementara, kita berikan kepada warga yang sudah mempunyai usaha sendiri dan kesulitan dalam permodalan,” tandasnya.

(ded).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here