Dugaan Pungli Sekolah Marak di Kota Bekasi

0
488

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Dugaan kuat terjadinya pungutan liar (Pungli) dikalangan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, terjadi lagi.

Belum lama ini, disalah satu sekolah dasar negeri yang berada dikelurahan/kecamatan Mustika Jaya, ditengarai melakukan pungli melalui komite sekolah.

Ihwal dugaan pungli tersebut, dijelaskan oleh seorang wali murid kepada Garudanews.id, bahwa belum lama ini dirinya mendapat secarik kertas dari seorang pengurus komite sekolah tersebut, melalui anaknya, yang didalamnya menerangkan rincian terkait dana yang harus disiapkan dan dibayarkan (Uang Pensi, NSIN, Kas kelas dan PM).

“Saya hanya mempertanyakan, apakah secarik kertas itu (rincian pembayaran, red), sesuai aturan atau tidak? Soalnya, sebelumnya saya merasa belum pernah menerima informasi,” terang sumber kepada Garudanews.id (9/5).

Ketika dikonfirmasi kepada Yatin, Kepala Sekolah SDN MJ-VII, dirinya mengakui bahwa memang adanya keputusan pungutan tersebut. Dirinya yang mengundang ortu murid untuk hadir dalam rapat, namun perihal keputusan pungutan dirinya pun kaget karena telah diputuskan oleh beberapa orang tua murid, selaku panitia pelaksana.

“Pada rapat itu Saya sudah mengundang semua orang tua untuk hadir. Tapi, sampai kepada orang tua atau tidak, saya tidak mengontrol. Tapi, selanjutnya (rapat ortu, dipandu Wali kelas VI), saya tidak bisa ikut karena ada rapat dinas di UPTD. Nah terjadilah (keputusan pungutan, red)… Saya akui… ,” ujar Yatin pada Garudanews.id (9/5).

Rencananya Yatin akan menghadap ke Disdik terkait hal itu. Bila Kepala Dinas memperbolehkan pungutan tersebut, maka mereka akan tetap melaksanakan. Sebaliknya, bila tidak, maka akan diberhentikan.

Sementara itu, sebelumnya pihak Disdik setelah dikonfirmasi, menyatakan bahwa hal pungutan dari Komite Sekolah/Panitia tersebut tidak diperbolehkan. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here