Hardiknas, Pererat Hubungan Pendidikan Dengan Budaya

0
275
(Dok.red)

BEKASI, (Garudanews.id) – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati pada setiap 2 Mei. Dalam rangka Hardiknas, Pemerintah Kota Bekasi menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-Alun Kota Bekasi Jalan Veteran, Rabu, (2/5).

 

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan yang diwakili oleh Penjabat (Pj) Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah selaku pembina upacara menyampaikan pesan didepan para peserta upacara yang terdiri dari Aparatur Kota Bekasi, unsur TNI-Polri, Pelajar, anngota gerakan Pramuka dan Ormas Kepemudaan Kota Bekasi.

 

“Berkenaan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 mari kita bersyukur pada Tuhan sebagaimana kita diketahui tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita mengambil tema menguatkan pendidikan, dan memajukan kebudayaan,” kata Menteri seperti yang dibacakan oleh Pejabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah.

 

“Sesuai tema tersebut mari jadikan ini sebagai momentum hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara,” kata Ruddy.

 

Ruddy melanjutkan amanah Mendikbud harapan besar masa depan Indonesia bertumpu pada anak-anak bangsa generasi muda. Dukungan yang perlu diberikan pada anak bangsa untuk menjawab tantangan zaman mencakup tiga komponen yakni peningkatan kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

 

“Mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” ungkapnya.

 

Tantangan lain dunia pendidikan yakni pemerataan pendidikan dan memperluas dampak pendidikan terhadap saudara sebangsa yang belum merasakan kesempatan itu.

 

“Itulah pada tahun ini kita memilih tema ‘Menyalakan pelita, terangkan cita-cita’ sebagai tema keriaan hardiknas sehingga mereka bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya,” harap Ruddy.

 

“Kita perlu juga berterima kasih dan mengapresiasi para pendidik, dan pejuang pendidikan. Lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan. Semoga Allah SWT, melapangkan dan meninggikan, selalu meridhoi ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” harap Ruddy.(mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here