Hari Buruh KSPI Klaim 150.000 Buruh Siap Demo di Jakarta

0
343
Ilustrasi

JAKARTA (Garudanews.id)- Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan aksi hari buruh yang jatuh pada 1 Mei akan diikuti sekitar 150.000 pekerja. Buruh tersebut berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

“Jadi jumlah massa buruh yang akan aksi bukan hanya 30.000, sebagaimana yang disampaikan pihak Polda Metro Jaya,” ujar Presiden KSPI, Said Iqbal, seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Minggu (30/4).

Dalam aksi yang jatuh pada hari Senin itu, KSPI akan mengangkat isu mengenai penghapusan pekerja alih daya atau outsourcing dan pemagangan, revisi jaminan sosial, jaminan kesehatan gratis dan jaminan pensiun yang sama dengan PNS/TNI/Polri, serta tolak upah murah.

“Juga kami meminta agar dicabut PP 78/2015. Isu ini diangkat, karena dalam dua tahun terakhir kesejahteraan dan perlindungan terhadap buruh menurun drastis,” tambah dia.

Sebelumnya, sekira 20.000 hingga 30.000 massa diperkirakan turun ke jalan pusat Jakarta dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada Senin (1/5) mendatang. Puluhan ribu massa tersebut diperkirakan bakal melakukan aksinya Dinas Tenaga Kerja DKI, DPRD DKI, dan Istana Negara.

“Surat pemberitahuan sudah masuk. Akan ada tiga titik konsentrasi massa buruh yang akan kita amankan. Yang pertama Dinas Tenaga Kerja DKI, DPRD DKI, Istana Negara. Ya sekitar 20 sampai 30 ribu massa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dihubungi wartawan

(Mk/Chep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here