Jelang Asian Games, LADI Minta Atlet Indonesia Tak Sembarangan Konsumsi Obat-Obatan

0
60

JAKARTA (Garudanews.id) – Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) memberikan imbauan kepada para atlet Indonesia untuk tak sembarangan mengonsumsi obat-obatan jelang dibukanya Asian Games 2018.

“Apalagi sekarang sudah mendekati masa pertandingan. Kami imbau kepada semua atlet supaya hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan,” kata Ketua LADI, Zaini Kadhafi Saragih seperti dilansir asiangames2018.id.

Menurut dia, di dalam sejumlah obat, misalnya obat flu, batuk, pilek dan obat ringan lainnya, biasanya mengandung doping walaupun dalam jumlah yang sedikit.

“Selain obat-obatan, di dalam jamu-jamuan juga biasanya mengandung doping. Walaupun dopingnya dalam takaran kecil, tetap itu berbahaya untuk atlet,” ujar Zaini.

Oleh karena itu, dia pun mengimbau kepada seluruh atlet Asian Games agar selalu berhati-hati dalam mengonsumsi obat atau jamu. Apabila jatuh sakit, segera konsultasi kepada dokter.

“Kalau tiba-tiba sakit, langsung temui dokter, jangan mengobati sendiri dengan minum obat atau jamu sembarangan dan tanpa sepengetahuan tenaga medis,” tutur Zaini.

Selain atlet, dia juga meminta kepada para pelatih masing-masing cabang olahraga (cabor) agar mengawasi obat atau jamu yang dikonsumsi oleh seluruh atlet dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada ketua induk organisasi masing-masing cabor agar menulis surat kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) apabila terdapat atlet yang harus mengonsumsi obat khusus.

“Jika ada atlet yang harus mengonsumsi obat khusus, maka pengurus cabor harus menulis surat kepada OCA untuk menghindari kekhawatiran penggunaan doping,” ungkap Zaini.(Red/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here