Jokowi Didorong Segera Resuffle Kabinet

0
348
Igor Dirgantara

JAKARTA (GARUDANEWS)-Sejumlah kalangan kembali mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera melakukan reshuffle kabinet. Jokowi diminta untuk menempatkan kalangan profesional untuk mengisi sejumlah jabatan strategis.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Jayabaya, Jakarta, Igor Dirgantara menilai, susunan kabinet sekarang ini belum sesuai dengan komitmen Jokowi untuk membentuk kabinet yang ramping dan tanpa syarat. Bahkan, ia masih mencium adanya praktik transaksional politik.

“Momentumnya pas jika reshuffle kabinet dilakukan sekarang. Karena adanya kegaduhan politik belakangan ini. Hal itu menjadi sinyalemen agar reshuffle kabinet bisa segera dieksekusi oleh presiden,” ungkapnya.

Igor juga menilai jika struktur kabinet kerja saat ini masih banyak diisi oleh kalangan politisi. Persentasenya, kata dia, seharusnya fifty fifty antara kalangan politisi dengan kalangan professional.

“Apalagi sejumlah posisi strategis seperti Jaksa Agung dan Menteri Hukum dan HAM dipegang oleh orang parpol. Hal itu pastinya akan berimbas terhadap independensi dalam penegakan hukum itu sendiri. Mungkin posisi strategis dari parpol itu bisa disuit saja dengan posisi yang lain,” bebernya.

Oleh karena itu, Igor meminta agar Jokowi mengkaji ulang sejumlah posisi strategis tersebut dengan menempatkan kalangan profesional, agar proses penegakan hukum tidak dapat diintervensi oleh partai politik.

“Jokowi sempat menjanjikan susunan kabinet yang ramping. Tapi saya melihat kabinet sekarang ini masih terlalu gemuk. Kalau gitu sama saja dengan susunan kabinet saat dipimpin Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” bebernya.

Dirinya juga memprediksi jika Jokowi akan mengakomodir sejumlah nama dari Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam susunan kabinetnya nanti. Karena kedua partai tersebut sudah mendukung roda pemerintahan Jokowi-JK.

“Ya kemungkinan besar kedua partai tersebut akan menyodorkan nama untuk masuk dalam susunan kabinet kerja Jokowi-JK. Tidak masalah asalkan para calon menteri tersebut orang-orang yang tepat dan kompeten di bidangnya,” tambahnya. (goo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here