KPAD Gali Informasi Beredarnya Pemberitaan Bidan Buang Bayi di Toilet

0
256
Anggota KPAD Kabupaten Bekasi, Muhammad Rojak, saat melihat makam bayi yang diduga dibuang di toilet pom bensin.

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) – Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bekasi, menggali informasi beredarnya pemberitaan seorang bidan yang telah membuang bayinya di toilet pom bensin by pass Karawang, pada 30 Desember 2017.

Hal itu dilakukan Anggota KPAD Kabupaten Bekasi bidang Kesehatan dan Napza, Muhammad Rojak, dengan mengunjungi warga Desa Sumbereja Pebayuran Kabupaten Bekasi, Melati (bukan nama sebenarnya), yang bertugas sebagai bidan honorer di salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, Minggu (7/1).

“Kunjungan kami adalah untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi dalam kejadian tersebut. Dari penjelasan Ibu Melati, ternyata kejadiannya tidak seperti yang diberitakan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kejadian itu bermula saat Melati (bukan nama sebenarnya), yang bertugas sehari-hari sebagai bidan honorer di salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, hendak melakukan perjalanan menuju pusat perbelanjaan di Karawang untuk membeli keperluan pakaian bayi bersama kakak dan keluarganya.

Pada saat perjalanan dari rumahnya di Pebayuran menuju Karawang, Melati menahan rasa mules. Sampai di pom bensin by pass Karawang, Melati beristirahat dan bermaksud untuk buang air besar. Seketika itu juga dirinya merasakan sakit dan pingsan, sampai melahirkan di dalam toilet.

“Ibu Melati ditolong oleh kakak dan keluarganya sampai akhirnya datang Polisi dari Polsek Karawang Kota. Ibu Melati dibawa ke rumah bersalin terdekat, sementara bayinya tidak tertolong saat proses lahiran di dalam toilet. Ibu Melati mengalamai pendarahan di usia kehamilannya yang masuk tujuh bulan,” jelasnya.

Dari kejadian ini, KPAD Kabupaten Bekasi lanjut Rojak, akan membantu membuatkan Akta Kematian bagi anak Melati meskipun sudah meninggal, karena salah satu hak anak yaitu hak identitas.

“Kami melihat ibu Melati langsung di kediamannya. Dan kondisi kesehatannya dalam kondisi yang baik. Saat berkunjung kami ditemani pihak RW dan Bimaspol Desa Sumbereja,” tandasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here