Masjid Berumur 99 Tahun, Icon Kabupaten Bekasi Yang Terlupakan

0
48
Masjid At-Taqwa yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

KABUPATEN BEKASI (Garudanews.id) —   bangunan bersejarah masih berdiri kokoh dibeberapa wilayah Kabupaten Bekasi. Salah satunya, Masjid At-Taqwa yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi bukti perkembangan Islam.

Berjarak sekitar seratus meter dari Pasar Tambun di Kecamatan Tambun Selatan terdapat sebuah masjid dengan bangunan berukuran besar yakni Masjid At-Taqwa.

Masjid At-Taqwa bukan hanya besar, tapi terlihat megah bak istana di Timur Tengah. Tiang-tiang besar yang berjejer di berbagai sisi membuat bangunan itu terlihat kokoh dan menunjukkan ciri khasnya tersendiri.

Bangunan yang  terdiri dari dua lantai ini memiliki perpaduan langgam Arabia dan langgam bangunan Eropa dalam balutan warna putih diseluruh eksterior bangunannya yang terlihat cukup mencolok.

Seperti bangunan masjid kebanyakan, Mesjid At-Taqwa dilengkapi menara kecil di bagian sisi atap dan satu bangunan menara menjulang tinggi.

Hinngga saat ini masjid tersebut terawat dengan baik, walaupun ada beberapa tahap renovasi. Dari tahapan renovasi tersebut tidak merubah bentuk asli bangunan masjid kemegahan dan kekokohannya yang telah berdiri sejak tahun 1918 atau berumur 99 tahun. Ternyata Masjid At-Taqwa merupakan masjid tertua di kawasan Tambun Kabupaten Bekasi.

Pada bagian lain masjid, salah satu peninggalan yang memang masih utuh yaitu bedug. Dari keterangan penjaga masjid, bedug Masjid At-Taqwa tersebut masih terjaga keasliannya, mulai dari kayu sampai warna bedug. Ornamen bentuk masjid juga tidak berbeda jauh sejak masjid ini berdiri.

Salah satu Marbut Masjid At-Taqwa, Syuhada (40) mengatakan, walaupun telah masjid telah berumur puluhan tahun, hingga saat ini masjid tersebut masih terawat dengan baik dan tidak merubah bentuk aslinya.

“Selain bentuk bangunan yang masih terjaga, walaupun sudah sering direnovasi, tidak secara keseluruhan merubah bentuk asli bangunan yang berdiri sejak 1918 ini, juga ada bedug yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik. Tidak banyak yang diperbaiki, selain mengganti kulit bagian depan bedug saja,” ujar Syuhada, Jum’at (12/1).

Lanjutnya. Masjid At-Taqwa sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dan pembangunannya tidak jauh berbeda dengan Gedung Juang 45, Tambun. Masjid At-Taqwa dibangun pada tahun 1918 dan melewati renovasi besar pada tahun 1992.

“Saat penjajahan belanda, masjid ini sudah berdiri, bahkan memilki khas tersendiri dibandingkan dengan masjid pada umumnya. Di antara peninggalan- peninggalan sejarah, masjid ini yang masih utuh,” lanjutnya.

Ada beberapa kebiasaan bagi warga sekitar masjid, yakni melakukan pengajian rutin setiap pekan.“

Sampai sekarang antusias warga masih sangat bagus. Bahkan sebagian besar, masih tau bahwa masjid At-Taqwa ini merupakan masjid tertua disini,” sambungnya.

Sementara, salah satu juru parkir Masjid, Herman (54) menuturkan, hampir setiap hari besar umat Islam ada perayaan. Masjid ini, kata dia, selalu ramai oleh jamaah dan kegiatan keagamaan umat muslim.

“Bentuk bangunan, disini masih khas dengan bentuk bangunan lama. Apalagi dibulan Ramadhan, tiap hari selalu banyak warga yang berdatangan untuk beribadah, sampai mengikuti buka puasa bersama, istilah katanya jadi lokasi bukber juga,” katanya.

Kini, masjid masih terus aktif untuk menampung umat Islam yang akan melaksanakan ibadah shalat. Selain itu, setiap pekannya, Masjid At-Taqwa menggelar pengajian rutin. (Sygy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here