NCW Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Dugaan Korupsi pada Proyek Jalan Desa

0
108
Audit (Ilustrasi)

JAKARTA (Garudanews.id) – Ketua Umum Nasional Corruption Watch (NCW) Syaiful Nazar mendesak kepada penegak hukum segera menyelidiki dugaan peyalahgunaan kewenangan yang dilakukan oleh salah satu anggota DPRD kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait dengan proyek pengerjaan jalan di salah satu desa dengan nilai ratusan juta rupiah di wilayah Timur Indonesia tersebut.

Hal itu dikatakan Syaiful menyusul pernyataan panitia lelang pada dinas pekerjaan umum (PU) berinisial MDS yang mengungkapkan bahwa pemenang proyek pekerjaan jalan Daleholu Dodaek adalah CV Gils, yang tidak lain adalah merupakan istrinya.

Berdasarkan pengakuan MDS bahwa paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Daleholu-Dodaek, senilai Rp774.500.000 adalah CV Gils, pemilik atas nama Mariana Manafe, tetapi perusahaan tersebut dipinjamkan kepada Jakobis Kouanak selaku kuasa direktur pelaksana pekerjaan yang merupakan Ipar kandung dari Anggota DPRD kabupaten Rote Ndao dari Partai Golkar berinisal (US).

Syaiful juga mendesak kepada MKD untuk memanggil anggota dewan yang dimaksud, guna dimintai klarifikasinya atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum anggota legislatif dari Partai Golkar itu.

“Jika terjadi pelanggaran, pihak MKD harus memberikan sanksi tegas. Karena kalau persoalan tersebut dibiarkan, akan menjadi preseden buruk dan merusak sistem tatakelola pemerintahan. Padahal seperti diketahui fungsi dan kewenangan dewan adalah melakukan Legislasi, Anggaran, dan melakukan Pengawasan,” ujar Syaiful kepada garudanews.id, Selasa (6/11).

Jika fungsi pengawasan seorang anggota dewan tersebut beruah fungsi sebagai kontraktor, lanjut Syaiful, maka setiap pekerjaan tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Untuk itu pihaknya meminta kepada penegak hukum baik itu Kepolisian Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan penyalahgunaan pada proyek tersebut. Apalagi, terungkap ada fee dalam pembahasan pengerjaan jalan desa yang dimaksud.

Seperti diketahui, MDS menuturkan bahwa sebelumnya oknum Anggota DPRD Aktif (US) pernah meminta kepada dirinya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, bahkan menawarkan memberikan fee kepadanya selaku ketua panitia dan benar pekerjaan tersebut dimenangkan oleh CV Gils milik istrinya. (Dance)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here