Pengamat Ekonomi Ini Perkirakan Nilai Tukar Rupiah Bakal Terus Terpuruk

0
140
Ilustrasi (ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hingga saat ini tembus pada level Rp15.200. Kondisi ini diprediksi terus mengejar hitungan bahwa satu atau dua bulan ke depan (Nov/Des 2018) dollar akan tembus Rp16.000. Hal tersebut berdasarkan penilaian Ekonom EmrusCorner, Hastoruan.

“Untuk itu, kini saatnya menyadarkan kita semua bahwa situasi ini berpotensi membawa ekonomi kita ke tepi jurang. Karena itu, tidak saatnya membela diri dan membangun argumentasi yang sangat jauh dari rasionalitas,” ujar Hastoruan dalam keterangan persnya, Rabu (10/10).

Dilain pihak, kata Hastoruan, ada pula yang mendramatisir situasi ini seperti seakan keadaan ekonomi ke depan mendekati kiamat. Ini juga sangat jauh dari rasionalitas.  Kiamat ekonomi, tidak mungkin terjadi. Kiamat itu, sudah tidak ada obatnya. Padahal, terus merosotnya nilai Rupiah, tentu ada solusinya.

Hastoruan  telah melakukan kajian sepuluh tahun lebih hingga melahirkan model yang bisa meningkatkan nilai rupiah ditengah menguatnya nilai dollar AS, yang disebut Model Ekonomi Jalan Baru (MEJB). Model tersebut dinilainya telah melalui proses uji di lapangan.

“Pertanyaan, akankah Tim Ekonomi Pemerintah masih tetap bertahan dengan model konvensional di tengah terus merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS. Jawabnya,  kita ikuti saja episode selanjutnya sebagai reality showa tentang ekonomi negeri ini,” sindirnya.

Untuk itu, Hastoruan meminta tim ekonomi pemerintah dan para pihak agar pengambil keputusan serius mengatasi menurunnya nilai rupiah terhadap dollar AS. (Mhd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here