Pengembang Apartemen Diimbau Perhatikan Lingkungan

0
271
Dok.red

BEKASI, (Garudanews.id) – Musim penghujan sudah tiba, diakhir tahun beberapa titik rawan banjir masih terjadi. Kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan demi mencegah bencana banjir yang hampir terjadi setiap tahunnya. Drainase atau saluran air tidak berfungsi secara maksimal akibat dari penumpukan sampah dan kurang pedulinya msyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Bukan hanya warga sekitar, drainase di lingkungan pembangunan yang berada di wilayah dekat dengan pemukiman juga menjadi penyumbang banjir. Hal tersebut karena pengembang kurang memperhatikan juga lingkungan sekitarnya. Seperti yang terlihat di RW. 01 Kelurahan Margamulya Bekasi Utara, warga mengeluhkan banjir yang kerap terjadi saat hujan tiba, akibat drainase yang tidak di perhatikan oleh Pengembang pembangunan apartemen Urbano.

Apartemen tersebut terletak di RT 02 Kelurahan Margamulya, Bekasi Utara. Menurut Nahrudin ketua RT setempat, dirinya sering mengajukan keluhan kepada pihak pengembang Apartemen Urbano, atas keluhan warga terkait banjir, akan tetapi, aspirasi namun tidak dihiraukan.

“Ada saluran air tuh, maunya saya sih disodet ke arah kali gede, tapi saya sampaikan itu ga pernah di tanggapi. Sering saya bicara dengan pihak Apart. Urbano,  tapi tetap tidak di respon,” ungkap Nahrunin kepada awak media, Jumat (21/12).

Sementara itu, Lurah Margamulya Bekasi Utara, Yudhistira, menanggapi keluhan warganya dengan sidak lokasi apartemen secara langsung bersama jajaran kelurahan. Pihak kelurahan langsung melakukan aksi bersih-bersih di sekitar apartemen agar pihak pengembang sadar tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

“Barusan kita apel K3 di lingkungan RW 1, kebetulan disitu ada gedung pencakar langit,  yaitu apartemen Taman Sari Urbano. Gelar apel terkait keluhan warga bahwa sampai hari ini drainase saluran di lingkungan apartemen, belum dilakukan hal-hal untuk kepentingan masyarakat, akibatnya hujan besar, air naik, kasian warga,” jelas Yudhistira kepada awak media.

Ia menambahkan bahwa sejak dibangunnya apartemen tersebut, belum ada pembangunan atau pembuatan drainase, mereka hanya memanfaatkan drainase yang telah ada.

“Seharusnya Urbano itu bisa selesaikan kewajibannya untuk masyarakat. Jangan cuma mengambil keuntungan, tetapi merugikan masyarakat setempat,” tungkasnya.

Ia berharap, pihak Apartemen Urbano dapat segera menyikapi keluhan masyarakat dan dapat bekerjasama , berkomunikasi dengan baik kepada kelurahan Margamulya maupun warga sekitar agar dapat menyelesaikan keluhan masyarakat secara bersama. (Mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here